IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SD

Firmansyah, Imsulfi Prima and ZAMAN, WAHID IBNU and WAHYUDI, WAHYUDI (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_16101100035.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100035_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (285kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100035_0713078602_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100035_0713078602_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (618kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses belajar bagi siswa yang telah direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis supaya siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran secara afektif, efektif, dan inovatif. Pembelajaran PPKn di SD mempunyai kedudukan yang penting dalam upaya menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yang berkomitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Melalui mata pelajaran PPKn diharapkan dapat membantu siswa mengaitkan materi dengan dunia nyata, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka dari itu kajian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan karakteristik pembelajaran PPKn 2) mendeskripsikan katakteristik CTL 3) mendeskripsikan implementasi model CTL pada pembelajaran PPKn tema 6 panas dan perpindahannya sub tema 1 suhu dan kalor pada KD. 4.2 menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pemilihan model pembelajaran yang mampu memotivasi peserta didik dan mengkondisikan peserta didik untuk aktif serta dapat mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam penggunaan model contextual teaching and learning ini, proses pembelajaran berpusat pada siswa, siswa berkemampuan untuk memahami makna mata pelajaran PPKn dengan mengaitkan materi yang dipelajarinya dengan konteks kehidupan sehari-hari misalnya: konteks pribadi, sosial, dan kultural, hal tersebut secara fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan ke permasalahan lainnya sehingga siswa memiliki pengetahuan/keterampilan pada konteks kehidupan sehari-hari. Model ini memiliki langkah-langkah antara lain kontruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat bertanya, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PPKn, Contextual Teaching And Learning
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr IMSULFI PRIMA FIRMANSYAH
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:52
Last Modified: 24 Aug 2020 05:52
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item