NUGROHO, WILDAN PRAMUDI and AKA, KUKUH ANDRI and SAHARI, SUTRISNO (2020) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DIDUKUNG MEDIA VISUAL PADA MATERI PERAN EKONOMI DALAM UPAYA MENYEJAHTERAKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DI BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_13101100349.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similiarity)
RAMA_86206_13101100349_SIMILARITY..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (239kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_13101100349_0713118901_0713037304_06_REF.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (139kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_13101100349_0713118901_0713037304_07_LAMP.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (866kB) | Request a copy |
Abstract
Artikel ini dibuat untuk mengetahui kelebihan dan kerurangan model pembelajaran Cooperative Script didukung media visual dalam materi peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya. Dalam proses belajar mengajar tentunya ada beberapa permasalahan yang dialami oleh guru maupun peserta didik. Salah satunya adalah proses penyampaian dan penerimaan materi pembelajaran. Pada materi pembelajaran materi peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya siswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini peneliti menggunakan kajian literatur yaitu mengkaji ulang penelitian yang terdahulu yang pernah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Berdasarkan kajian dari berbagai reverensi dan kajian terdahulu maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script didukung media visual dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya. Manfaat penelitian bagi guru adalah berkontribusi yang besar dalam memilih model atau media pembelajaran yang sesuai untuk mata pelajaran IPS dalam materi peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya. Pembelajaran Cooperative Script didukung media visual mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya. Dapat dibuktikan dari peningkatan nilai pada penelitian terdahulu, sehingga model pembelajaran Cooperative Script didukung media visual cocok digunakan pada materi peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Script,Media Visual, Peran Ekonomi Dalam Upaya Menyejahterakan Kehidupan Masyarakat Di Bidang Sosial Dan Budaya |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 610 Social sciences 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | WILDAN PRAMUDI NUGROHO |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:02 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/845 |
Actions (login required)
View Item |