Sabillano, Jackson Brintha and ANDRIANIE, SANTY and SANCAYA, SETYA ADI (2022) PENGEMBANGAN SKALA SELF – MOTIVATED LEARNING BAGI SISWA SMA KELAS X DI KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86201_18101010025.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86201_18101010025_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (References)
RAMA_86201_18101010025_0728018901_0712076102_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010025_0728018901_0712076102_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (573kB) | Request a copy |
Abstract
Self – motivated learning merupakan segala bentuk tindakan atau perwujudan dalam belajar yang bermanfaat untuk menumbuhkan rasa senang dan menambah semangat dalam belajar. Self – motivated learning sangat diperlukan oleh setiap diri peserta didik. Siswa yang memiliki motivated learning tinggi dalam dirinya akan lebih mudah dalam menghadapi hambatan – hambatan dalam belajar. Untuk dapat melihat seberapa kuat motivated learning siswa diperlukan sebuah instrumen berupa skala self – motivated learning. Penelitian ini ditujukan untuk mewujudkan skala self – motivated learning. Diharapkan adanya instrumen skala tersebut siswa dapat terklasifikasi motivated learning nya secara valid dan reliabel. Pengembangan skala ini didasarkan pada empat langkah penyusunan instumen yaitu peneliti mengidentifikasi variabel yang akan dikembangkan, menentukan indikator berdasarkan variabel, mengurutkan indikator dan merumuskan menjadi item pernyataan, serta peneliti melengkapi dengan petunjuk pengisian dan kata pengantar. Hasil analisis uji validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product moment dan alpha cronbach diperoleh 31 item pernyataan valid dan 4 item pernyataan gugur, dengan reliabilitas r alpha sebesar 0,919 berada dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan skala self – motivated learning dapat digunakan oleh guru BK karena dinyatakan item pernyataan telah valid dan hasil uji reliabilitas r alpha menunjukan dalam kategori tinggi yang berarti memiliki konsistensi untuk dapat mengklasifikasi self – motivated learning siswa SMA kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, self – motivated learning, validitas, reliabilitas |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr JACKSON BRINTHA SABILLANO |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 09:29 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 09:29 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8424 |
Actions (login required)
View Item |