Risma Putra, Ardiansyah and ANDRI AKA, KUKUH and SAIDAH, KARIMATUS (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT SWAY PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100133.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100133_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (121kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100133_0713118901_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (285kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100133_0713118901_0710039103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (843kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100133_0713118901_0710039103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (506kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100133_0713118901_0710039103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100133_0713118901_0710039103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (99kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100133_0713118901_0710039103_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (210kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100133_0713118901_0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas terdapat permasalahan dalam hal penggunaan media pembelajaran. Dalam pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan cederung menggunakan buku paket sebagai sarana dalam mengajar tanpa menggunakan media. Dampak dari masalah tersebut adalah sebagian besar siswa kurang memahami isi materi pembelajaran terutama pada materi peredaran darah pada manusia. Rumusan masalah (1) Bagaimana prosedur pengembangan multimedia berbasis Microsoft sway pada mata pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah kelas V di SDN Tunge 2 ? (2) Bagaimana kevalidan multimedia interaktif berbasis Microsoft Sway pada mata pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah di kelas V di SDN Tunge 2? (3) Bagaimana kepraktisan multimedia interaktif Microsoft Sway untuk meteri IPA Materi Sistem Peredaran Darah pada siswa kelas V di SDN Tunge 2? (4) Apakah pengembangan multimedia interaktif Microsoft Sway dalam mata pembalajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah efektif untuk siswa kelas V di SDN Tunge 2? Tujuan Pengembangan (1) Mengetahui prosedur multimedia berbasis Microsoft sway di SDN Tunge 2 kelas V pada mata pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah. (2) Mengetahui kevalidan multimedia interaktif berbasis Microsoft Sway di SDN Tunge 2 kelas V pada mata pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah. (3) Mengetahui kepraktisan multimedia interaktif Microsoft Sway pada siswa kelas V di SDN Tunge 2 untuk meteri IPA Materi Sistem Peredaran Darah. (4) Mengetahui efektivitas multimedia interaktif Microsoft Sway dalam mata pembalajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah efektif untuk meningkatkan hasil belajar berupa pemahaman konsep siswa kelas V di SDN Tunge 2. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lee & Owens (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui validasi ahli materi, ahli media, respon guru dan respon siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Multimedia Microsoft Sway mendapatkan nilai rata-rata 85,25% dari dosen ahli materi dan ahli media, artinya bahan ajar yang dibuat sudah valid. (2) Multimedia Microsoft Sway dinyatakan praktis dan memperoleh nilai rata-rata 89,5 % artinya multimedia yang dibuat sudah praktis digunakan. (3) Multimedia Microsoft Sway dinyatakan efektif diperoleh dari rata-rata nilai siswa sebanyak 83,5% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, multimedia, microsoft sway, ipa, peredaran darah manusia |
Subjects: | 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Ardiansyah Risma putra |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 22:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 22:09 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8384 |
Actions (login required)
View Item |