Dinar Rinjani, Nindy and ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA and WAHYUDI, WAHYUDI (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUNYI DAN INDERA PENDENGARAN UNTUK KELAS 4 SDN NGASEM 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100099.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100099_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (312kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100099_0730098803_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100099_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100099_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100099_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100099_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (100kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100099_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (33kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100099_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran yang terjadi di ruang kelas terdapat permasalahan dalam hal penggunaan bahan ajar / media pembelajaran. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan cederung menggunakan buku paket sebagai sarana dalam mengajar. Dampak dari masalah tersebut adalah sebagian besar siswa kurang memahami isi materi pembelajaran terutama pada materi bunyi dan indra pendengaran. Sehingga peneliti mengembangkan bahan ajar modul untuk materi bunyi dan indera pendengaran.Agar guru dan peserta didik dapat melakukan pembelajaran dan mengakses materi setiap saat, peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan yang bertujuan 1) Untuk mengetahui kevalidan bahan ajar modul yang digunakan. 2) Untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar modul yang digunakan. 3) Untuk mengetahui keefektivan bahan ajar modul yang digunakan. Tujuan dari rumusan masalah tersebut yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Modul Modul Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Bunyi Dan Indera Pendengaran Untuk Kelas 4 SDN Ngasem 1 Kediri. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif serta model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui validasi ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Modul Berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) mendapatkan nilai rata-rata 90,4% dari dosen ahli materi dan ahli bahan ajar, artinya bahan ajar yang dibuat sudah sangat valid untuk digunakan tanpa revisi. (2) Modul Berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) dinyatakan sangat praktis dan memperoleh nilai rata-rata 89,11% artinya bahan ajar modul yang dibuat sudah praktis digunakan. Nilai tersebut diperoleh dari angket yang diisi guru dan siswa. (3) Modul Berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) dinyatakan sangat efektif diperoleh dari rata-rata nilai siswa sebanyak 90,3% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Modul, STEM, Bunyi dan Indera Pendengaran. |
Subjects: | 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nindy Dinar Rinjani |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:42 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 03:42 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8076 |
Actions (login required)
View Item |