Aulia, Fameyta Rahma and SAIDAH, KARIMATUS and MUJIWATI, ENDANG SRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA WAYANG MATERI TOKOH PADA TEKS FIKSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Konferensi Hasil Penelitian Mahasiswa dan Dosen. (In Press)
Text (Full paper)
RAMA_86206_18101100057.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (Reference)
RAMA_86206_18101100057_0710039103_0725076201_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (211kB) |
|
Text (Similariry)
RAMA_86206_18101100057_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100057_0710039103_0725076201_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Saat pembelajaraan dongeng guru hanya menggunakan teks dan metode ceramah. Permasalahannya adalah penggunaan media yang kurang menarik dalam proses pembelajaran mengakibatkan proses pembelajaran cenderung monoton sehingga menyebabkan siswa jenuh dan hasil belajar kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk media tiga demensi yang berbentuk boneka wayang sebagai inovasi media pembelajaran pada materi teks fiksi. Metode pengembangan menggunakan R&D dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukan bahwa media boneka wayang dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media mendapatkan skor persentase sebesar 86.36% dan validasi materi mendapatkan skor persentase sebesar 94,5% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan memperoleh persentase sebesar 89,5% dengan katagori sangat Praktis. Keefektifan pada uji coba terbatas memperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 86,2 sedangkan uji coba luas nilai rata-rata sebesar 88,6 dan telah melebihi KKM. Ketuntasan belajar secara klasikal pada uji coba terbatas mendapat persentase sebesar 87% dan 86% pada uji coba luas dengan katagori sangat efektif. Dengan demikian, media boneka wayang dapat dinyatakn valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai medis pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 802 Curriculum and educational technology 710 Education science > 810 Arts education science |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Fameyta Rahma Aulia |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 02:52 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 02:52 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7922 |
Actions (login required)
View Item |