NURCHOLIS, MUHAMAD and HAKIMAH, EMA NURZAINUL (2022) STUDI FENOMENOLOGI : EFEKTIVITAS CO-BRANDING DAN FANATISME SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN MCDONALD’S PADA BTS MEALS. Seminar Nasional dan Call for Paper Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (SENMEA). pp. 1-5. (In Press)
Text (Artikel)
RAMA_61201_18102020258.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (244kB) |
|
Text (Similarity)
RAMA_61201_18102020258_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (Reference)
RAMA_61201_18102020258_0727127801_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (479kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_61201_18102020258_0727127801_lamp.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (61kB) |
Abstract
Pada tahun 2021 McDonald’s ramai menjadi sorotan di Indonesia karena berkolaborasi dengan boygroup internasional BTS dan hasil kolaborasi tersebut McDonald’s dan BTS merilis menu limited edition yaitu BTS Meal. Minat beli yang tinggi dari para penggemar membuat kehebohan sehingga antrian pembeli membuat kerumunan ditengah pandemi covid-19 yang berdampak pada penutupan sementara beberapa gerai McDonald’s di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas co-branding dan fanantisme yang digunakan oleh McDonald’s sebagai strategi pemasaran pada menu kolaborasi BTS Meal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif dengan menggunakan jenis pendekatan fenomenologi. Penentuan infoman pada penelitian ini menggunakan 5 kriteria yang diantaranya yaitu relevance, recommendation, rapport, readiness, dan reassureance (5R). Selanjutnya wawancara dilakukan secara mendalam pada beberapa ARMY atau fans BTS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa co-branding secara efektif berpengaruh pada keputusan pembelian dan fanatisme secara efektif menjadi faktor utama dalam menimbulkan motif pembelian konsumen pada menu BTS Meal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Co-branding, Fanatisme, Fenomenologi |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 550 Economics > 561 Economic development 550 Economics > 568 Other unspecified economic fields 550 Economics > 571 Management 550 Economics > 574 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen |
Depositing User: | Muhamad Nurcholis |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 11:30 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 11:30 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7907 |
Actions (login required)
View Item |