Rosida, Dema Wildhania and ARIYANTO, RESTU DWI and PUSPITARINI, IKKE YULIANI DHIAN (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA BERBASIS MEDIA FILM UNTUK MENIGKATKAN PERILAKU PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 2 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text Artikel Skripsi)
DEMA_86201_17.1.01.01.0003.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
DEMA_86201_17101010003_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (887kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DEMA_86201_17.1.01.01.0003_0705128801_0726079001_06_Dafpus.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6kB) |
|
Text (Lampiran)
DEMA_86201_17.1.01.01.0003_0705128801_0726079001_07_lamp.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (249kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan di lapangan, bahwa masih ada beberapa siswa yang memiliki perilaku percaya diri yang rendah. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan siswa yang bersikap malu-malu ketika berbicara dan tampil di kelas, belum berani dalam mengemukakan pendapat, merasa minder karena kurang memiliki fisik dan penampilan yang bagus, selalu berfikiran yang negatif. Akibatnya siswa mengalami kendala dalam mengoptimalkan potensi yang dimilikinya, prestasi belajar menurun, dan sulit mengendalikan emosi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan perilaku percaya diri adalah menggunakan layanan bimbingan dan konseling dengan teknik sosiodrama berbasis media film. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama dengan berbasis media film untuk meningkatkan perilaku percaya diri kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Blitar Tahun Pelajaran 2021/2022? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Pre-Experimental Designs dan menggunakan metode One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Blitar yang memiliki sikap percaya diri rendah dapat diukur dengan skala perilaku percaya diri. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode Paired Sample T-test dengan taraf signifikansi 5%. Diperoleh nilai thitung sebessar -8, 520 > ttabel sebesar 2,262 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah teknik sosiodrama dengan berbasis media film dapat meningkatkan perilaku percaya diri siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Blitar Tahun Pelajaran 2021/2022. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menjadikan teknik sosiodrama berbasis media film sebagai alternatif pembelajaran jika guru bimbingan dan konseling, dan siswa diharapkan dapat berperilaku percaya diri yang positif , dan bersyukur apa yang dimiliki dalam dirinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Sosiodrama Berbasis Media Film, Perilaku Percaya Diri |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 610 Social sciences 660 Art, design and media > 672 Theater arts 710 Education science > 803 Guidance and counseling 710 Education science > 811 Art drama, dance and music education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Dema Rosida |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 08:42 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 08:42 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7808 |
Actions (login required)
View Item |