Wahyuningtyas, Sinta Ayuardhi and SETYAWATI, SRI PANCA and KRISPHIANTI, YUANITA DWI (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MTs SUNAN KALIJOGO PICISAN KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MTs SUNAN KALIJOGO PICISAN KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. (Submitted)
Text (Artikel)
RAMA_86201_18101010035.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (435kB) |
|
Text (Similarity)
RAMA_86201_18101010035_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
|
Text (References)
RAMA_86201_18101010035_0716046202_0708068904_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (67kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010035_0716046202_0708068904_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu isu di dalam dunia pendidikan yakni prokrastinasi akademik, yakni penundaan di dalam hal menyelesaikan tugas akademik karena lebih memilih melakukan kegiatan yang disenanginya. Berdasarkan hasil observasi peneliti di MTs Sunan Kalijogo Kabupaten Tulungagung ternyata banyak siswa yang melakukan prokrastinasi. Kondisi tersebut terjadi kemungkinan terkait dengan motivasi belajar siswa yang juga kurang baik, sehingga perlu dilakukan penelitian terkait dengan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan adalah untuk menemukan apakah ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Sunan Kalijogo Kabupaten Tulugagung tahun ajaran 2021/2022. Penelitian yang dilaksanakan mempergunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data bagi variabel motivasi belajar serta prokrastinasi akademik adalah mempergunakan skala psikologi. Dari populasi seluruh siswa MTs Sunan Kalijogo Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 185 diambil sampel penelitian sejumlah 55 siswa dengan mempergunakan simple random sampling. Teknik analisis data penelitian menpergunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian diketahui jika F_hitung 5,409 > F_tabel 1,90 artinya ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Sunan Kalijogo Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Ditarik kesimpulan maka Ho ditolak dan Ha diterima yang memiliki arti adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Sunan Kalijogo Picisan Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Berdasar pada hasil penelitian mempunyai kesimpulan jika terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Sunan Kalijogo Picisan Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Dengan demikian saran yang dapat diberikan yaitu sekolah memlalui layanan BK dan orang tua harus berusaha menambah motivasi belajar agar siswa dapat menekan terjadinya prokrastinasi akademik terhadap para siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 803 Guidance and counseling 710 Education science > 804 Other education fields not yet listed |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Sinta Ayuardhi Wahyuningtyas |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 02:55 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 02:55 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7494 |
Actions (login required)
View Item |