PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ASICC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMAN 1 KEDIRI

Afifah, Inayah Nur and NURMILAWATI, MUMUN and PRIMANDIRI, POPPY RAHMATIKA (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ASICC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMAN 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_18101060013.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_18101060013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (412kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_18101060013_0006096801_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (622kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_18101060013_0006096801_0702078502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_18101060013_0006096801_0702078502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_18101060013_0006096801_0702078502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_18101060013_0006096801_0702078502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (Reference)
RAMA_84205_18101060013_0006096801_0702078502_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (166kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_18101060013_0006096801_0702078502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini didasari dari hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran Biologi dan observasi yang dilakukan di SMAN 1 Kediri pada kelas X MIPA A. Dimana hasil yang diperoleh yaitu siswa kurang terlibat aktif didalam proses pembelajaran terutama dalam hal berdiskusi kelas, karena merasa sulit dalam memahami beberapa mata pelajaran dan juga masih kurangnya kepercayaan diri siswa untuk berbicara. Selain itu, dengan kondisi proses pembelajaran di masa pandemi covid-19, siswa merasa kesulitan untuk belajar secara mandiri. Melalui hasil studi pendahuluan dengan analisa instrumen MAI menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi pada siswa X MIPA A SMAN 1 Kediri pada indikator Information Management Strategies masih rendah. Information Management Strategies merupakan kemampuan siswa dalam mengolah informasi yang berhubungan dengan proses belajar yang dilakukan. Hal ini sejalan dengan perlunya mengembangkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa yang merupakan kemampuan kognitif yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan bernalar, berpikir, mengeksplorasi, serta menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan argumentasi ilmiah siswa melalui implementasi pengembangan modul elektronik berbasis ASICC dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA A SMAN 1 Kediri yang terdiri dari 32 siswa. Metode penelitian ini yaitu Research & Development dengan model pengembangan Plomp. Tahap penelitian model Plomp yaitu Preliminary Research, Prototyping Phase, dan Asessment Phase. Dimana pada tahap Pleliminary Rearsch yaitu studi pendahaluan dengan penyebaran angket untuk mengetahui kondisi siswa dan kebutuhan serta kendala siswa dalam proses pembelajaran. Tahap Prototyping Phase meliputi perancangan modul elektronik yang dilanjutkan dengan penilaian modul oleh validator ahli dan guru mata pelajaran biologi, serta uji coba modul elektronik pada kelompok kecil yang melibatkan siswa kelas X MIPA dan XII MIPA. Tahap Asessment Phase merupakan tahap implementasi modul elektronik berbasis ASICC yang dilaksanakan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas Lesson study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor validasi ahli antara lain skor 90% untuk validasi materi dan bahasa dengan kategori sangat valid, skor 78% untuk validasi desain dan media dengan kategori cukup valid, skor 93% untuk validasi guru mata pelajaran dengan kategori sangat valid. Hasil implementasi uji kelompok kecil memperoleh skor sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Sedangkan implementasi modul elektronik berbasis ASICC menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil dari materi virus, kemudian materi bakteri, dan juga protista. Perolehan hasil pada materi virus sebanyak 20 dari 32 siswa mendapatkan nilai N-Gain dengan kategori tinggi, 8 siswa dengan kategori sedang dan 4 siswa dengan kategori rendah. Perolehan hasil pada materi Bakteri sebanyak 24 dari 32 siswa mendapatkan nilai N-Gain dengan kategori tinggi, 2 siswa dengan kategori sedang dan 5 siswa dengan kategori rendah. Dan hasil pada materi Protista sebanyak 25 dari 32 siswa mendapatkan nilai N-Gain dengan kategori tinggi, 5 siswa dengan kategori sedang dan 2 siswa dengan kategori rendah. Sehingga implementasi pengembangan modul elektronik berbasis ASICC pada materi Virus, Bakteri, dan Protista valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Argumentasi Ilmiah, Modul Elektronik, ASICC.
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Inayah N. Afifah
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:34
Last Modified: 22 Aug 2022 01:34
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7451

Actions (login required)

View Item View Item