PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 1 KEDIRI

Kurniawati, Puput and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and NINGSIH, RISANIATIN (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 1 KEDIRI. PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI SMA NEGERI 1 KEDIRI. (Submitted)

[img] Text (Artikel)
RAMA_86201_18101010009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (311kB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_18101010009_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (References)
RAMA_86201_18101010009_0702068903_0720018601_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010009_0702068903_0720018601_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Kediri terdapat fenomena yang menunjukkan sikap disiplin yang rendah. Teknik self management merupakan bentuk strategi dalam pengontrolan diri atau memanajemen diri. Pada penelitian ini ditujukan untuk menanggapi permasalahan disiplin belajar yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari penggunaan teknik self management terhadap disiplin belajar siswa pada masa pandemi di SMAN 1 Kediri. Metode pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pre eksperimen one group pretest-posttest. Jenis sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan subjek diambil dari siswa kelas X MIPA G dengan jumlah 2 siswa dan X MIPA H dengan jumlah 5 siswa dari SMAN 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen skala pengukuran disiplin belajar siswa. Pengujian data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 17.0. Sesuai hasil uji t bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung 7.546 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel 2,365 maka dapat disimpulkan bahwa pada hipotesis alternatif diterima. Saran peneliti diharapkan siswa dapat meningkatkan disiplin belajar salah satunya dengan cara mempraktikan manajemen diri yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self Management, Disiplin Belajar
Subjects: 710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 803 Guidance and counseling
710 Education science > 804 Other education fields not yet listed
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Puput Kurniawati
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:02
Last Modified: 19 Aug 2022 06:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7286

Actions (login required)

View Item View Item