PENGEMBANGAN MEDIA PAPI OPUNG UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS PADA ANAK USIA DINI

Novanti, Tanaya Susilatama and WIJAYA, INTAN PRASTIHASTARI and UTOMO, HANGGARA BUDI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PAPI OPUNG UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS PADA ANAK USIA DINI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Full text)
view_usp=sharing - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
view_usp=sharing - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68kB)
[img] Text (BAB 2)
view_usp=sharing - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
view_usp=sharing - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
view_usp=sharing - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
view_usp=drivesdk - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (References)
view_usp=drivesdk - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68kB)
[img] Text (Lampiran)
view_usp=drivesdk - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran pada PAUD yang seharusnya dilakukan melalui bermain masih didominasi dengan penggunaan lembar kegiatan anak (LKA), terutama dalam pengembangan kecerdasan logis matematis, stimulasi yang dilakukan masih kurang dan penggunaan serta pengembangan media pembelajaran juga terbatas. Anak masih merasa kesulitan dalam memahami cerita yang disampaikan guru, menentuka lebih banyak—lebih sedikit, mengurutkan benda dari paling kecil ke paling besar dan sebaliknya, penjumlahan dan pengurangan. Hal tersebut menghambat kemampuan berpikir logis dan juga kreativitas anak. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Proses pembelajaran belum berjalan secara optimal. Hal tersebut dikarenakan guru hanya menggunakan LKA untuk menstimulasi kecerdasan logis-matematis anak, (2) Belum adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan kecerdasan lgis-matematis pada anak usia dini. Dengan rumusan masalah apakah media papi opung dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan logis-matematis pada anak usia dini? Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (R&D) model Borg & Gall dengan subjek penelitian kelompokn B TK Dharma Wanita Pelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui 6 tahap dari 10 tahap yang ada. Tahapan tersebut terdiri dari: (1) analisis potensi dan masalah, (2) studi literatur, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar validasi kemudahan dan kemenarikan guru kelompok B, lembar observasi uji coba skala kecil dan skala besar aspek kemudahan dan kemenarikan pada anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah media papi opung valid dan layak untuk meningkatkan kecerdasan logis-matematis pada anak usia dini dibuktikan dengan validasi ahli media dengan rata-rata nilai aiken 0.81, validasi ahli materi dengan rata-rata nilai aiken 0.76, validasi kemudahan dan kemenarikan oleh guru kelompok B memperoleh persentase sebesar 90%. Hasil observasi pada uji coba skala kecil memperoleh persentase 84% pada aspek kemudahan dan 92% pada aspek kemenarikan, sedangkan pada uji coba skala besar memperoleh persentase 92% pada aspek kemudahan dan 88% pada aspek kemenarikan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat melakukan uji efektifitas pada media papi opung, mengembangkan media papi opung dengan tema lainnya, memproduksi media papi opung dengan bahan yang lebih terjangkau, dan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan media papi opung sebagai pendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media papi opung, Kecerdasan logis matematis, Anak usia dini
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 124 Other areas of mathematics that have not been listed
710 Education science > 794 PGTK and PAUD
710 Education science > 804 Other education fields not yet listed
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Tanaya Susilatama Novanti
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:33
Last Modified: 19 Aug 2022 05:33
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7073

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item