ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA FINTECH GOPAY (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)

JOVANNA, DEA and HAKIMAH, EMA NURZAINUL and RATNANTO, SIGIT (2022) ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA FINTECH GOPAY (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_18102020021.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_18102020021_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_18102020021_0727127801_0706067004_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_18102020021_0727127801_0706067004_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_18102020021_0727127801_0706067004_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_18102020021_0727127801_0706067004_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_18102020021_0727127801_0706067004_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_18102020021_0727127801_0706067004_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_18102020021_0727127801_0706067004_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya persaingan bisnis fintech di Indonesia. Gopay merupakan produk e-wallet pertama di Indonesia dan merupakan layanan e-wallet yang paling sering digunakan pada tahun 2019. Namun pada tahun 2020, peringkat Gopay turun menjadi nomor tiga setelah ShopeePay dan OVO. Pergeseran posisi Gopay terjadi karena ketatnya persaingan dalam industri fintech. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan brand loyalty Gopay dalam persaingan industri fintech dengan menggunakan analisis brand image, brand awareness, dan brand trust dengan studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan share link kuesioner google form. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis tahun 2020-2021 sejumlah 1.400 mahasiswa. Peneliti mengambil sampel sebanyak 102 responden melalui teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa (1) Brand image tidak berpengaruh secara parsial dan tidak signifikan terhadap brand loyalty Gopay dengan nilai signifikasi 0,125 dan nilai koefisien uji t 1,546. (2) Brand awareness berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap brand loyalty Gopay dengan nilai signifikasi 0,00 dan nilai koefisien uji t 4,458. (3) Brand trust berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap brand loyalty Gopay dengan nilai signifikasi 0,00 dan nilai koefisien uji t 5,367. (4) Brand image, brand awareness, dan brand trust secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap brand loyalty Gopay dengan nilai signifikasi 0,00 dan nilai koefisien F hitung sebesar 114,22

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Brand Awareness, Brand Trust, Brand Loyalty, Fintech
Subjects: 550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Mrs Dea Jovanna
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:20
Last Modified: 18 Aug 2022 02:20
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6461

Actions (login required)

View Item View Item