PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI IPS UNTUK MENGENAL KERAGAMAN SOSIAL, EKONOMI, BUDAYA, ETNIS, DAN AGAMA

Sari, Windha Eka and SOENARKO, BAMBANG and BASORI, MUHAMAD (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI IPS UNTUK MENGENAL KERAGAMAN SOSIAL, EKONOMI, BUDAYA, ETNIS, DAN AGAMA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_16101100021.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100021_SIMILARITY.doc (1).html.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (210kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100021_0704025601_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (166kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100021_0704025601_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kualitas pembelajaran IPS masih didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, membosankan, dan aktivitas peserta didik terbatas cenderung pada mencatat, mendengarkan, sehingga siswa kurang aktif dan tidak berkembang. Hal ini memberikan isyarat bahwa guru dituntut untuk memperbaiki pembelajaran baik yang menyangkut proses maupun hasil. Dalam penelitian ini menawarkan alternatif model yang memungkinkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dalam pembelajaran IPS mendorong siswa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis (critical thinking), kemampuan memecahkan masalah (problem solving), dan kemampuan mengambil keputusan (decision making). Ada banyak model pembelajaran yang sudah dikembangkan saat ini guna meningkatkan proses dan kualitas hasil belajar siswa, salah satunya model pembelajaran yang dipertimbangkan sesuai dengan upaya pengembangan kemampuan dimaksud adalah model pembelajaran inquiry. “Model Inquiry adalah kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan” (Jumanta Hamdayama, 2014: 30). Sehingga pembelajaran IPS dengan menggunakan model inquiry cukup efektif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar dalam proses pembelajaran yang menantang dan menyenangkan siswa dalam pemecahan masalah, rasa ingin tahu, dan memotivasi siswa untuk menemukan sendiri jawaban yang dipertanyakan serta mendorong siswa untuk lebih aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model inquiry, Pembelajaran IPS.
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Windha Eka Sari
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:00
Last Modified: 24 Aug 2020 06:00
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item