ANGGRAINI, OCTAVIA TRI and Permana, Erwin Putera and Zunaidah, Farida Nurlaila (2022) Pengembangan Smart Modul Tema 8 "Manusia dan Lingkungan" untuk Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100073.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100073_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Download (12kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100073_0706126701_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100073_0706126701_0730098803_02.pdf - Accepted Version Download (569kB) |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100073_0706126701_0730098803_03.pdf - Accepted Version Download (627kB) |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100073_0706126701_0730098803_04.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100073_0706126701_0730098803_05.pdf - Accepted Version Download (287kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100073_0706126701_0730098803_06_ref.pdf - Accepted Version Download (166kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100073_0706126701_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang didapat yaitu penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru dominan monoton dan membuat para peserta didik merasa jenuh atau bosan untuk belajar, sehingga dengan adanya bahan ajar smart modul yang tepat dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan adanya permasalahan tersebut maka peneliti mengembangkan bahan ajar smart modul untuk membantu guru dalam memberikan materi kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan pengembangan bahan ajar smart modul manusia dan lingkungan, (2) mengetahui kepraktisan bahan ajar smart modul manusia dan lingkungan untuk kelas V Sekolah Dasar dan (3) mengetahui keefektifan bahan ajar smart modul “Manusia Dan Lingkungan”. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik analisis dara yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dengan subyek penelitian sebanyak 27 siswa yang dibagi menjadi 2, uji coba terbatas 7 siswa kelas V dan uji coba luas 20 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) bahan ajar smart modul yang telah disetujui oleh ahli materi, dan ahli media atau grafik. Diperoleh hasil 86% dari ahli materi, dan 90% dari ahli media atau grafik. Maka bahan ajar smart modul dikategorikan sangat valid. (2) bahan ajar smart modul yang diperoleh dari hasil angket respon siswa diperoleh hasil rata-rata 87. Dalam kepraktisannya bahan ajar smart modul yang dikategorikan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. (3) bahan ajar smart modul yang diperoleh dari nilai hasil belajar siswa memperoleh hasil 90 % untuk uji coba luas dan 85% untuk uji coba terbatas. Dalam keefektifan data, bahan ajar smart modul dapat dikategorikan sangat efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Smart Modul, Manusia, Lingkungan. |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Octavia Tri Anggraini |
Date Deposited: | 17 Aug 2022 13:40 |
Last Modified: | 17 Aug 2022 13:42 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6364 |
Actions (login required)
View Item |