Rekomendasi Parfum Menggunakan Metode K-Means

HIDAYAT, UUN and HELILINTAR, RISA and RAMADHANI, RISKY ASWI (2022) Rekomendasi Parfum Menggunakan Metode K-Means. Optimalisasi Kolaborasi Teknologi Informasi Dan Manufaktur Dalam Menjawab Tantangan Era Society 5.0, 6. ISSN 2549-7952

[img] Text (Full Text Naskah)
RAMA_55201_17103020035.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_17103020035_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Refferences)
RAMA_55201_17103020035_0721058902_0708049001_06_Reff.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_17103020035_0721058902_0708049001_07_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Parfum merupakan salah satu kosmetik yang disukai dan digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Preferensi untuk menggunakan parfum adalah gaya hidup yang telah dianut oleh banyak orang. Berdasarkan informasi yang dihimpun, pencatatan transaksi penjualan harian perekaman informasi secara manual paling baik dilakukan di buku catatan atau arsip.. Banyak sekali data yang sudah terkumpul dalam jumlah sangat besar. Dimana dari tumpukan data yang banyak itu dapat digali lagi informasi tersembunyi yang dapat berguna bagi pemilik toko, salah satunya dari kesepakatan penjualan, tetapi tidak dimanfaatkan secara maksimal. Sulit untuk melacak penjualan karena setiap toko cabang memiliki buku catatan sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengklasifikasi transaksi penjualan berdasarkan ratting penjualan Strategi penjualan dapat dikembangkan dengan menggunakan metode K-means Clustering untuk mengelompokan 4 cluster yaitu rendah, sedang tinggi, dan sangat tinggi dan menggunakan sample data transaksi parfum sebanyak 10 data selama 6 bulan juli hingga desember pada tahun 2021 memperoleh hasil yaitu parfum yang memiliki ratting penjualan dengan tingkat rendah ada 1 jenis parfum, sedang ada 5 jenis parfum, tinggi ada 2 jenis parfum,dan parfum dengan ratting penjualan sangat tinggi ada 2 jenis parfum. Uji validasi menggunakan Davies Bouldin Index menghasilkan nilai untuk setiap cluster. Pengujian C1 menghasilkan nilai 0, C2 menghasilkan nilai 0,08268, C3 menghasilkan nilai 0,018002, dan C4 menghasilkan nilai 0,07892 dan menghasilkan nilai DBI rata-rata 0,08541, menggambarkan pembentukan clustering cukup baik. Dengan adanya sistem ini bisa menjadi rekomendasi atau acuan restock pada bulan berikutnya agar tidak terjadi penumpukan barang pada Toko N parfum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Clustering, Davies-bouldin-index, K-means, Klasifikasi, Penjualan
Subjects: 410 Engineering science > 461 Information systems
410 Engineering science > 463 Software engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Mr Uun Hidayat
Date Deposited: 20 Aug 2022 07:50
Last Modified: 20 Aug 2022 07:50
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6262

Actions (login required)

View Item View Item