DESAIN PEMBELAJARAN MATERI AMPHIBIA MENGGUNAKAN KERAGAMAN ANURA DI KAWASAN IRONGGOLO KEDIRI

Dewi Murti, Nia Talia Salsabela and SULISTIONO, SULISTIONO and UTAMI, BUDHI (2022) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI AMPHIBIA MENGGUNAKAN KERAGAMAN ANURA DI KAWASAN IRONGGOLO KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_18101060011.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_18101060011_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (248kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_18101060011_0007076801_0729116401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_18101060011_0007076801_0729116401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_18101060011_0007076801_0729116401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_18101060011_0007076801_0729116401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_18101060011_0007076801_0729116401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_18101060011_0007076801_0729116401_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_18101060011_0007076801_0729116401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi dan wawancara siswa serta guru di SMA Negeri 3 Kediri, bahwa pembelajaran Biologi khususnya pada materi Vertebrata sub materi Amphibia siswa mengalami kesulitan belajar karena 1) terdapat beberapa jenis klasifikasi dan terdapat nama ilmiah yang membuat siswa cenderung kesulitan saat menganalisis atau memahami materi 2) siswa hanya dituntut untuk menghafal 3) siswa cenderung pasif saat pembelajaran 4) selain itu peserta didik lebih terpacu dengan apa yang disampaikan oleh guru dari pada mencari dan menemukan gagasan atau ide baru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah desain metode pembelajaran materi vertebrata pada kelas Amphibia dengan menggunakan Card Sort keragaman Anura di kawasan wisata air terjun Ironggolo Kabupaten Kediri (2) Apakah penerapan metode pembelajaran materi vertebrata pada kelas Amphibia dengan menggunakan Card Sort keragaman Anura di kawasan wisata air terjun Ironggolo Kabupaten Kediri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Validation Studies dengan subyek penelitian siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri Kediri. Menggunakan instrumen berupa RPP, Card Short, unit kegiatan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah Desain metode pembelajaran materi Vertebrata pada kelas Amphibia dengan menggunakan Card Shortkeragaman Anura di kawasan wisata air terjun Ironggolo Kabupaten Kediri. Dimulai siswa membentuk kelompok sesuai karakter kartu, secara berkelompok siswa memecahkan permasalahan tentang keragaman Anura di Air Terjun Ironggolo, kemudian mengkomunikasikan ide/gagasan di depan kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang mengintegrasikan keragaman Anura Ironggolo Kediri dapat membantu siswa memahami materi Amphibia dengan menggunakan keragaman Anura di Ironggolo Kabupaten Kediri. Terjadi peningkatan yang signifikan yaitu peningkatan nilai tes hasil belajar siswa pada tahap pretest siswa masih memiliki nilai kategori rendah dan tahap posttest meningkat menjadi 19 siswa memiliki kategori tinggi, 12 siswa kategori sedang dan 4 siswa kategori rendah. Dengan demikian penggunaan desain metode card short dapat bermanfaat bagi guru maupun siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Perlu diperhatikan dalam menggunakan metode pembelajaran sebaiknya mendesain pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif. (2) Desain metode card short materi Vertebrata pada kelas Amphibia dengan menggunakan keragaman Anura di kawasan wisata air terjun Ironggolo Kabupaten Kediri, dapat dijadikan pedoman bagi guru dalam mengembangkan metode card short pada materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ordo Anura, Amphibia, Card Short, Validation Study
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Nia Talia Salsabela Dewi Murti
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:19
Last Modified: 18 Aug 2022 07:19
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5883

Actions (login required)

View Item View Item