PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENJELASKAN DAN MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V

Arina, Dina and MUJIWATI, ENDANG SRI and KURNIA, ITA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENJELASKAN DAN MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_16101100066.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100066_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text
RAMA_86206_16101100066_0725076201_0701128306_02.pdf

Download (618kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_16101100066_0725076201_0701128306_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (831kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_16101100066_0725076201_0701128306_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_16101100066_0725076201_0701128306_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_16101100066_0725076201_0701128306_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100066_0725076201_0701128306_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (158kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100066_0725076201_0701128306_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_16101100066_0725076201_0701128306_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Ringkasan)
RAMA_86206_16101100066_0725076201_0701128306_08_ringkasan.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (761kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan Guru kelas V SDN Damarwulan IV. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa pemahaman siswa pada materi volume bangun ruang masih kurang, hal tersebut disebabkan guru hanya menjelaskan materi volume bangun ruang dengan media papan tulis. Media tersebut kurang interaktif untuk pembelajaran materi volume bangun ruang sehingga konsep volume bangun ruang tidak dapat dipahami oleh siswa secara maksimal. Dari hasil pengamatan tersebut dikembangkan multimedia interaktif. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan media berbasis multimedia interaktif untuk menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang siswa kelas V. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model tersebut merupakan model prosedural yang menunjukkan langkah-langkah pengembangan. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Namun, penelitian ini hanya menggunakan empat tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini tidak menyertakan atau tidak melalui tahap implementasi. Hal tersebut dikarenakan adanya Covid-19 sehingga tidak mendukung untuk melaksanakan program pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran yang sudah dibuat. Prosedur dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan analisis, (2) membuat desain media pembelajaran, (3) pengembangan media, dan (4) evaluasi akhir media. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan angket. Teknik observasi dan wawancara digunakan untuk menggali permasalahan dalam proses pembelajaran. Sedangkan teknik angket digunakan untuk mengumpulkan data validasi media dan materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kriteria kevalidan. Dari hasil validasi media dan materi yang ada di dalam multimedia interaktif didapatkan nilai sebesar 97,6% dan 96%. Dengan demikian multimedia interaktif untuk materi volume bangun ruang kelas V SDN Damarwulan IV dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa memerlukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Volume Bangun Ruang.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Dina Arina
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:55
Last Modified: 24 Aug 2020 05:55
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item