Arifin, Septian Nur and Zaman, Wahid Ibnu and Mukmin, Bagus Amirul (2020) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN SIKLUS HIDUP BEBERAPA JENIS MAKHLUK HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_16101100004.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100004_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (201kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_16101100004_0713078602_0710059001_06_ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (79kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100004_0713078602_0710059001_07_lamp.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (459kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa lebih aktif dalam pembelajaran karena dalam pembelajaran terdapat proses penemuan melalui observasi. Dalam pembelajaran IPA, siswa dilatih memiliki sikap ilmiah melalui beberapa rangkaian proses seperti penyelidikan, penyusunan, dan penyajian gagasan-gagasan. Jadi, IPA merupakan suatu mata pelajaran yang mempelajari tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam dan menuntut siswa bersikap aktif dalam pembelajaran serta melatih siswa untuk bersikap ilmiah. Salah satu peristiwa alam yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah siklus hidup dari beberapa makhluk hidup. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya model pembelajaran Problem Based Learning karena model pembelajaran ini digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah dan melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran ini bertujuan agar siswa dapat menemukan permasalahan dan dapat memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Diharapkan nantinya model pembelajaran ini memberikan kontribusi yang kuat bagi siswa dalam meningkatkan prestasi dan minat belajar IPA sehingga ke depannya siswa dapat berpikir dan bersikap secara ilmiah serta dapat memecahkan permasalahan secara mandiri dari permasalahan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembuatan artikel ini untuk melakukan kajian teoretik pada model problem based learning terhadap kemampuan membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup. Agar dalam pembelajaran lebih efisien lagi, maka perlu juga didukung dengan perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP dan LKS. Kata kunci: Problem Based Learning, Pembelajaran IPA, Siklus Hidup
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Problem Based Learning, Pembelajaran IPA, Siklus Hidup |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Septian Nur Arifin |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 05:55 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 05:55 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/583 |
Actions (login required)
View Item |