Rizki, Aulenia and PUTRI, KHARISMA EKA and DAMAYANTI, SUSI (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI POWTOON PADA MATERI IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100138.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100138_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100138_0719109101_07231177802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (854kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100138_0719109101_07231177802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (770kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100138_0719109101_07231177802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100138_0719109101_07231177802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (952kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100138_0719109101_07231177802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100138_0719109101_07231177802_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (421kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100138_0719109101_07231177802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Aulenia Rizki : Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon pada Materi IPA Kelas IV Sekolah Dasar, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2022. Kata Kunci : video pembelajaran, animasi powtoon, IPA Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh hasil survey yang dilakukan. Dari hasil survey tersebut diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkannya dengan upaya pelestariannya. Kesulitan yang dialami siswa yaitu menjelaskan kembali siklus hidup hewan tertentu. Hal tersebut terjadi karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, terkendalanya waktu dalam membuat dan mengembangkannya, dan waktu belajar yang berkurang karena guru hanya memberikan tugas. Tujuan dikembangkannya video pembelajaran berbasis animasi powtoon pada materi IPA kelas IV sekolah dasar yakni: (1) untuk mengetahui hasil validasi video pembelajaran berbasis animasi powtoon pada materi IPA kelas IV sekolah dasar, (2) untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran berbasis animasi powtoon pada materi IPA kelas IV sekolah dasar, dan (3) untuk mengetahui keefektifan video pembelajaran berbasis animasi powtoon pada materi IPA kelas IV sekolah dasar. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian R & D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE, yang memiliki lima tahapan yaitu (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (3) Implementation (Implementasi), (3) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kemaduh Kabupaten Nganjuk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil kevalidan dengan skor 92% dari ahli materi dan 84% dari ahli media. Dari hasil kevalidan media yang dilakukan oleh ahli materi dan media memperolah rata-rata presentase sebesar 88% dengan kategori sangat valid. (2) Hasil kepraktisan dengan skor 92% dari respon guru dan 89% dari respon siswa. Dari hasil kepraktisan media yang diperoleh dari angket respon guru dan siswa meperoleh rata-rata presentase sebesar 91% dengan kategori sangat praktis. (3) Hasil keefektifan media yang diukur mengunakan hasil rata-rata post-test. Hasil rata-rata post-test adalah 77,7 dengan perolehan hasil ketuntasan belajar klasikal (KBK) memperoleh presentase sebesar 86% dengan kategori sangat efektif. Maka kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa video pembelajaran berbasis animasi powtoon pada materi IPA kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam menunjang proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, animasi powtoon, IPA |
Subjects: | 710 Education science > 780 Technology and vocational education science 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs. Aulenia Rizki |
Date Deposited: | 17 Aug 2022 19:03 |
Last Modified: | 17 Aug 2022 19:03 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5608 |
Actions (login required)
View Item |