PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ASICC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMAN 1 KEDIRI

Rohmania, Qonita Nur and NURMILAWATI, MUMUN and PRIMANDIRI, POPPY RAHMATIKA (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ASICC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMAN 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_84205_18101060010.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_18101060010_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (431kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_18101060010_0006096801_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_18101060010_0006096801_0702078502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_18101060010_0006096801_0702078502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_18101060010_0006096801_0702078502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_18101060010_0006096801_0702078502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_18101060010_0006096801_0702078502_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (241kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_18101060010_0006096801_0702078502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat tak terlepas dari peran pendidikan sebagai pondasi dasar pembangunan negara. Salah satu tujuan pendidikan di Abad 21 yakni mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Kurang maksimalnya pembelajaran akibat transformasi pendidikan selama pandemi serta penggunaan soal LOTS (Lower Order Thinking Skills) menyebabkan keterampilan berpikir kritis siswa kurang terasah. Salah satu cara untuk membantu siswa belajar mandiri serta mengasah keterampilan berpikir kritisnya dengan mengembangkan media ajar berupa modul elektronik. Penggunaan modul elektronik mampu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Modul elektronik dipilih dengan berbagai pertimbangan seperti dapat diakses secara mudah dimanapun dan kapanpun serta membuat proses belajar siswa lebih menarik, interaktif, dan tidak monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan modul elektronik berbasis ASICC yang valid dan efektif serta melalui penerapan modul elektronik berbasis ASICC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas X di SMAN 1 Kediri. Jenis penelitian ini adalah Research & Development untuk mengembangkan modul elektronik sebagai bahan ajar siswa kelas X MIPA menggunakan strategi pembelajaran ASICC. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Plomp. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA A SMAN 1 Kediri terdiri dari 32 siswa pada mata pelajaran biologi materi virus, bakteri dan protista. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kediri dengan waktu penelitian mulai bulan Maret - Desember 2021. Keefektifan modul elektronik dan keterampilan berpikir kritis siswa diukur melalui nilai pre test dan post test yang dianalisis menggunakan rubrik asesmen berpikir kritis terintegrasi tes essay diadaptasi dari Zubaidah dan analisis N-gain. Hasil penelitian menunjukkan modul elektronik berbasis ASICC valid digunakan dengan hasil validitas untuk; (a) Ahli materi dan bahasa pada siklus 1 sebesar 92%, siklus 2 sebesar 93% dan siklus 3 sebesar 85% dengan kategori sangat valid, (b) Ahli desain dan media pada siklus 1 sebesar 78%, siklus 2 sebesar 71% dan siklus 3 sebesar 81% dengan kategori cukup valid. (c) Guru mata pelajaran biologi diperoleh siklus 1 sebesar 93%, siklus 2 sebesar 90% dan siklus 3 sebesar 93% dengan kategori sangat valid (d) Hasil uji kelompok kecil pada siklus 1 sebesar 88%, siklus 2 sebesar 90% dan siklus 3 sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Hasil implementasi modul elektronik berbasis ASICC pada siswa kelas X di SMAN 1 Kediri menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis. Pada siklus pertama sebanyak 20 dari 32 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, lalu siklus kedua bertambah menjadi 24 dari 32 siswa dan sebanyak 25 dari 32 siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis di siklus ketiga. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan pengembangan dan penerapan modul elektronik berbasis ASICC terbukti meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas X di SMAN 1 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa hal yang penulis sarankan seperti memaksimalkan pemanfaatan fitur pada modul elektronik berbasis ASICC. Selain itu beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan lanjutan modul elektronik berbasis ASICC yaitu tata letak, desain modul dan penyediaan untuk pengguna Android dan IOS sehingga modul elektronik berbasis ASICC lebih menarik dan mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul elektronik, ASICC, keterampilan berpikir kritis, biologi.
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Qonita Nur Rohmania
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:30
Last Modified: 16 Aug 2022 03:30
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5196

Actions (login required)

View Item View Item