Oktafiana, Reni and WAHYUDI, WAHYUDI and SAHARI, SUTRISNO (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100125.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (40MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100125_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (950kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100125_0705069001_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100125_0705069001_0713037304_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100125_0705069001_0713037304_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100125_0705069001_0713037304_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100125_0705069001_0713037304_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100125_0705069001_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100125_0705069001_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan observasi peneliti, bahwa selama daring di masa pandemi, kegiatan pembelajaran di SD terkesan monoton karena seringnya penyampaian materi hanya melalui video Youtube dan grub Whatsapp saja. Kurangnya inovasi dalam mengembangkan media menjadikan pembelajaran kurang menarik dan tidak bermakna. Akibatnya, siswa menjadi jenuh dan bermalas-malasan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif berbasis tematik integratif sebagai inovasi media pembelajaran di masa pandemi untuk siswa kelas IV sekolah dasar?. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif berbasis tematik integratif sebagai inovasi media pembelajaran di masa pandemi untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Watudandang. Pada penelitian ini dilakukan uji validasi untuk mengetahui kevalidan media. Selanjutnya, terdapat dua desain uji coba, yaitu uji coba terbatas pada 6 siswa untuk mengetahui respon guru terkait kepraktisan media, dan uji coba luas pada 18 siswa untuk mengetahui keefektifan media dengan desain One Group Pre-test and Post-test Design. Hasil penelitian ini yaitu (1) Kevalidan multimedia interaktif memperoleh rata-rata penilaian ahli materi 89% dan ahli media memperoleh 85% dengan kriteria keduanya sangat valid sehingga dapat dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. (2) Kepraktisan multimedia interaktif memperoleh penilaian 97% masuk dalam kriteria sangat praktis sehingga dapat dinyatakan praktis dan layak digunakan tanpa memerlukan revisi. (3) Keefektifan multimedia interaktif memperoleh N-Gain sebesar 0,78 masuk dalam kriteria interpretasi peningkatan tinggi dan ketuntasan belajar sebesar 89% menunjukkan taraf keberhasilan dengan kriteria sangat baik sehingga dapat dinyatakan efektif, tuntas, dan berpengaruh besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Tematik Integratif, Pandemi |
Subjects: | 660 Art, design and media > 700 Media science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Reni Oktafiana |
Date Deposited: | 14 Aug 2022 12:15 |
Last Modified: | 14 Aug 2022 12:15 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5127 |
Actions (login required)
View Item |