Latifah, Fahri Ana and SANTI, NOVI NITYA and WIGUNA, FRANS ADITIA (2022) Rekonsiliasi Kelekatan Antar Siswa Kelas Rendah Melalui Sikap Demokratis Pada SDN Bulusari 3 Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100051.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100051_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100051_0714118403_0719048206_06_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100051_0714118403_0719048206_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rekonsiliasi antara aspek demokratis dan aspek kelekatan serta bagaimana bentuk relevannya. Rendahnya kedekatan emosional antar siswa menyebabkan siswa menjadi tidak nyaman dalam bersosialisasi, saling bertengkar, berteman secara berkelompok, dan bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data di peroleh pada kelas rendah yaitu kelas III pada SDN Bulusari 3 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rekonsiliasi kelekatan antar siswa kelas rendah dapat muncul melalui aspek kelekatan yaitu kepercayaan, komunikasi, dan keasingan. Sedangkan pada aspek demokratis yaitu kebabasan menyatakan pendapat, kebebasan kelompok, kebebasan berpartisipasi, kesetaraan antar teman, rasa percaya, dan kerjasama. Kemudian untuk dampak dari rekonsiliasi kelekatan tersebut bahwa antar siswa dapat memberikan respons yang baik satu sama lain dengan memulihkan atau meningkatkan hubungan kelekatan melalui aspek demokratis di dalam proses pembelajaran. Untuk itu aspek rekonsiliasi dengan aspek demokratis sangat relevan atau saling berhubungan jika diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rekonsiliasi; Demokratis; Kelekatan |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 795 Educational psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Fahri Ana Latifah |
Date Deposited: | 13 Aug 2022 18:24 |
Last Modified: | 13 Aug 2022 18:24 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5090 |
Actions (login required)
View Item |