Mahmudah, Nurul and SANTI, NOVI NITYA and WIGUNA, FRANS ADITIA (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN PLATFORM DIGITAL SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO 4 TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100115.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100115_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100115_0714118403_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (893kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100115_0714118403_0719048206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100115_0714118403_0719048206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100115_0714118403_0719048206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100115_0714118403_0719048206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100115_0714118403_0719048206_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (246kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100115_0714118403_0719048206_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 yang pada awalnya menggunakan pembelajaran konvensional kini dialihkan menjadi pembelajaran dalam jaringan atau sering disebut dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring terbagi menjadi dua, yaitu pembelajaran daring secara sinkronus dan asinkronus. Kedua jenis pembelajaran daring tersebut tentu saja tidak terlepas dari penggunaan platform digital yang digunakan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran daring. Terdapat permasalahan dalam penelitian ini yaitu, (1) Apakah pembelajaran daring menggunakan Platform digital sinkronus efektif digunakan pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Tahun Ajaran 2020/2021 selama pandemi Covid-19? (2) Apakah pembelajaran daring menggunakan platform digital asinkronus efektif digunakan pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Tahun Ajaran 2020/2021 selama pandemi Covid-19? (3) Adakah perbedaan keefektifan pembelajaran daring menggunakan platform digital sinkronus dan platform digital asinkronus pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Tahun Ajaran 2020/2021 selama pandemi Covid-19? Tujuan dari penelitian ini antarara lain (1) Untuk membuktikan keefektifan pembelajaran menggunakan platform digital sinkronus pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Tahun Ajaran 2020/2021 selama pandemi Covid-19 (2) Untuk membuktikan keefektifan pembelajaran daring menggunakan platform digital asinkronus pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Tahun Ajaran 2020/2021 selama pandemi Covid-19 (3) Untuk membuktikan keefektifan pembelajaran daring secara sinkronus dan asinkronus mengguankan platform digital pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Tahun Ajaran 2020/2021 selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif sedangkan data yang diperoleh didapatkan dari hasil survey yang dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 24 siswa kelas 4 SDN Mojoroto 4. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat simpulan dari hasil penelitian ini yaitu, (1) Penggunaan platform digital sinkronus berpengaruh terdap keefektifan pembelajan daring pada siswa kelas 4B SDN Mojoroto 4 selama pandemi Covid�19. (2) Penggunaan platform digital asinkronus berpengaruh terdap keefektifan pembelajan daring pada siswa kelas 4B SDN Mojoroto 4 selama pandemi Covid-19. (3) Tidak terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran daring menggunakan platform digital sinkronus dan menggunakan platform digital asinkronus pada siswa kelas 4B SDN Mojoroto 4 selama pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas pembelajaran daring, platform digital, covid-19 |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Nurul Mahmudah |
Date Deposited: | 17 Aug 2022 04:44 |
Last Modified: | 17 Aug 2022 04:44 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5058 |
Actions (login required)
View Item |