Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku pada Pelajaran IPS Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri

Prastin, Maria Anggelina and DAMAYANTI, SUSI and Permana, Erwin Putera (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku pada Pelajaran IPS Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100127.pdf - Accepted Version

Download (12MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100127_SIMILARITY.pdf - Accepted Version

Download (128kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100127_0723117802_0706126701_01_front_ref.pdf - Accepted Version

Download (994kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100127_0723117802_0706126701_02.pdf - Accepted Version

Download (272kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100127_0723117802_0706126701_03.pdf - Accepted Version

Download (776kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100127_0723117802_0706126701_04.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100127_0723117802_0706126701_05.pdf - Accepted Version

Download (129kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100127_0723117802_0706126701_06_ref.pdf - Accepted Version

Download (232kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100127_0723117802_0706126701_07_lamp.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang didapat yaitu penggunaan media yang kurang tepat oleh guru dalam pelajaran IPS materi Keragaman Sosial Budaya, pada aspek mengidentifikasi keragaman sosial budaya,sehingga dengan adanya media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan adanya permasalahan tersebut maka peneliti mengembangkan media pembelajaran buku saku untuk membantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan produk pengembangan media buku saku pada pembelajaran IPS materi keragaman sosial budaya kelas IV SDN Sukorame 2, (2) mengetahui kepraktisan produk pengembangan media buku saku pada pembelajaran IPS materi keragaman sosial budaya kelas IV SDN Sukorame 2 dan (3) mengetahui keefektifan produk pengembangan media buku saku pada pembelajaran IPS materi keragaman sosial budaya kelas IV SDN Sukorame 2. Metode yang digunakan adalah R&D dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dengan subyek penelitian sebanyak 37 siswa yang dibagi menjadi 2, uji coba terbatas 10 siswa kelas IV A dan uji coba luas 27 siswa kelas IV B. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) media pembelajaran buku saku yang telah disetujui oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media atau grafik. Diperoleh hasil 88% dari ahli materi, 95% dari ahli bahasa, dan 93% dari ahli media atau grafik. Maka buku saku dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. (2) media pembelajaran buku saku yang diperoleh dari hasil angket respon siswa diperoleh hasil rata-rata 4,50. Dalam kepraktisannya media buku saku yang dikategorikan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. (3) media pembelajaran buku saku yang diperoleh dari nilai hasil belajar siswa memperoleh hasil 93 %. Dalam keefektifan data, media pembelajaran buku saku dapat dikategorikan sangat efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Buku Saku, Keragaman Sosial Budaya.
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs. Maria Anggelina Prastin
Date Deposited: 17 Aug 2022 13:34
Last Modified: 17 Aug 2022 13:35
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4951

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item