Latifah, Fahri Ana and SANTI, NOVI NITYA and WIGUNA, FRANS ADITIA (2022) KELEKATAN ANTAR SISWA KELAS RENDAH MELALUI SIKAP DEMOKRATIS PADA SDN BULUSARI 3 KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100051.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100051_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100051_0714118403_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100051_0714118403_0719048206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100051_0714118403_0719048206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100051_0714118403_0719048206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100051_0714118403_0719048206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100051_0714118403_0719048206_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (517kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100051_0714118403_0719048206_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang didapatkan pada SDN Bulusari 3 Kabupaten Kediri. Permasalahan terjadi khususnya kelas rendah karena merasakan sekali transisi antara pembelajaran daring dan pertemuan tatap muka terbatas. Permasalahan tersebut bahwa antar siswa tidak kenal dengan wajah temannya namun mengetahui namanya, kemudian antar siswa sulit bersosialisasi dan berkomunikasi, antar siswa canggung, dan siswa cenderung tidak aktif. Dari berbagai permasalahan tersebut mempengaruhi beberapa faktor kelekatan pada anak di antaranya adalah rendahnya respon, rendahnya kedekatan emosional, antar siswa saling bertengkar, memiliki geng dalam berteman. Oleh karena itu, permasalahan yang berpengaruh pada kelekatan antar siswa dalam penulisan ini, melalui sikap demokratis dapat merekonsiliasi atau memberikan kedekatan terhadap kondisi emosional antar siswa. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana kelekatan antar siswa kelas rendah dapat muncul melalui sikap demokratis pada SDN Bulusari 3 Kabupaten Kediri? 2)Bagaimana kelekatan antar siswa kelas rendah berdampak terhadap sikap demokratis pada SDN Bulusari 3 Kabupaten Kediri? 3)Bagaimana kelekatan antar siswa kelas rendah dapat relevan digunakan melalui sikap demokratis pada SDN Bulusari 3 Kabupaten Kediri? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif. Tempat penelitian di SDN Bulusari 3 Kediri. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu sumber data, teori, dan metode. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) kelekatan antar siswa kelas rendah dapat muncul melalui aspek kelekatan yaitu kepercayaan, komunikasi, dan keasingan. Sedangkan pada aspek demokratis yaitu kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan kelompok, kebebasan berpartisipasi, kesetaraan antar teman dan kerjasama. 2) Dampak dari kelekatan tersebut bahwa antar siswa dapat memberikan respons yang baik satu sama lain dengan memulihkan atau meningkatkan hubungan kelekatan melalui aspek demokratis di dalam proses pembelajaran. 3) Aspek kelekatan dengan aspek demokratis sangat relevan jika diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelekatan; dan Demokratis |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 795 Educational psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Fahri Ana Latifah |
Date Deposited: | 13 Aug 2022 18:09 |
Last Modified: | 13 Aug 2022 18:09 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4854 |
Actions (login required)
View Item |