Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PBSI dengan Model Jigsaw Tahun 2020/2021

PUSPITONINGRUM, ENCIL (2021) Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PBSI dengan Model Jigsaw Tahun 2020/2021. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 5 (1). pp. 31-40. ISSN 2722-1490

[img] Text
Sampul, Daftar Isi, dan Artikel Peningkatan Keterampilan Menulis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PBSI DENGAN MODEL JIGSAW TAHUN 2020_2021 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Peer Review PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PBSI DENGAN MODEL JIGSAW TAHUN 2020_2021 (1).pdf

Download (520kB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/bind/article...

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai langkah peningkatan hasil belajar keterampilan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa melalui model Jigsaw. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya pengetahuan dan kemampuan mahasiswa tingkat awal pada keterampilan menulis karya tulis ilmiah khususnya makalah. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan instrumen tes. Populasi yang diambil adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berjumlah 34 orang. Rancangan awal penelitian dilakukan dengan menggunakan pre tes. Perlakuan dilakukan dengan memanfaatkan model Jigsaw. Untuk mengetahui hasil dari perlakuan diberikan postes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimana penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan hanya menggunakan satu siklus perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa hasil belajar dengan menerapkan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis karya tulis ilmiah makalah. Hasil yang didapat dari pretes rata-rata sebesar 70,25 berbanding dengan hasil postes rata-rata adalah 85,5. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Pembelajaran yang menerapkan model Jigsaw dapat digunakan untuk mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: 500 Linguistics > 520 Linguistics
500 Linguistics > 521 Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Encil Puspitoningrum
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:36
Last Modified: 06 Jul 2022 08:36
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item