Pelatihan Penggunaan Learning Management System Berbasis SPADA bagi Dosen Program Studi PG-PAUD

YULIANTO, DEMA and UTOMO, HANGGARA BUDI and KHAN, ROSA IMANI (2021) Pelatihan Penggunaan Learning Management System Berbasis SPADA bagi Dosen Program Studi PG-PAUD. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1 (2). pp. 92-101. ISSN 2798-2661

[img] Text (Sampul, Daftar Isi, Redaksi, dan Artikel)
Bukti Kinerja JIPPMas Spada.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Uji Plagiasi)
Uji Plagiasi 45-Article Text-455-1-10-20211230.pdf

Download (344kB)
[img] Text (Peer Review- Hanggara)
Peer Review LMS Spada.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JI...

Abstract

Efektivitas peningkatan pembelajaran dan pemanfaatan teknologi informasi berbasis elektronik yaitu dengan pembelajaran e-learning yang dapat diterapkan kedalam beberapa mata kuliah. SPADA Indonesia adalah salah satu program e-learning Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di Perguruan Tinggi. Tujuan pelaksanaan SPADA adalah untuk memberikan panduan bagi para Dosen dalam merancang pembelajaran secara blended leaning yang menarik untuk mata kuliah daring. Metode pelaksanaan terdiri atas observasi awal, observasi lanjutan, forum group discussion, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan dengan kombinasi ceramah, simulasi, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbentuk pelatihan. Pelatihan ini menghadirkan pembicara yang memiliki keahlian di bidang Psikologi Pendidikan dan PAUD, dan dihadiri Dosen-Dosen program studi Pendidikan Guru PAUD. Selama pelaksanaan kegiatan, tidak didapatkan kendala yang berarti. Interaksi diantara rekan Dosen lainnya dalam praktik dapat terlihat bahwa para Dosen senang mendapatkan metode belajar mengajar yang lebih efisien. Implikasi dari kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan topik yang sama yaitu Learning Management System (LMS) akan tetapi dengan penguasaan materi yang lebih mendalam, waktu yang lebih lama, dan juga dengan menambah peserta kegiatan yaitu mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Hanggara Budi Utomo
Date Deposited: 14 Jun 2022 08:28
Last Modified: 29 Mar 2023 05:50
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4766

Actions (login required)

View Item View Item