HELLENTYA AGENG KINASIH, HELLENTYA AGENG KINASIH and Kukuh Andri Aka, Kukuh Andri Aka and Frans Aditia Wiguna, Frans Aditia Wiguna (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL SISWA KELAS V SDN NGULANKULON II DAN SDN NGULANWETAN KABUPATEN TRENGGALEK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.
Text (full text)
RAMA_86206_14.1.01.10.0353.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (similarity)
RAMA_86206_14.1.01.10.0353_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (223kB) |
|
Text (cover sd Bab 1 + References)
RAMA_86206_14.1.01.10.0353_0713118901_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (538kB) | Request a copy |
|
Text (bab 2)
RAMA_86206_14.1.01.10.0353_0713118901_0719048206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
RAMA_86206_14.1.01.10.0353_0713118901_0719048206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
RAMA_86206_14.1.01.10.0353_0713118901_0719048206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
RAMA_86206_14.1.01.10.0353_0713118901_0719048206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (references)
RAMA_86206_14.1.01.10.0353_0713118901_0719048206_06_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (144kB) |
|
Text (lampiran)
RAMA_86206_14.1.01.10.0353_0713118901_0719048206_07_lam.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (637kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa metode guru semua berpusat pada guru dan tidak adanya media yang dapat mendukung proses pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi terhambat dengan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan suasana pembelajaran yang membosankan karena siswa pasif dan pembelajaran berpusat pada guru saja. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Adakah pengaruh model pembelajaran Group Investigation didukung media audio visual terhadap kemampuan mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas V SDN Ngulankulon II Kabupaten Trenggalek?(2) Adakah pengaruh model pembelajaran Group Investigation tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas V SDN Ngulanwetan Kabupaten Trenggalek?(3)Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Group Investigation didukung media audio visual dan model pembelajaran Group Investigation tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas V SDN Ngulankulon II dan SDN Ngulanwetan Kabupaten Trenggalek? Subyek penelitian ini siswa kelas V SDN Ngulankulon II dan SDN Ngulanwetan Kabupaten Trenggalek dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan angket. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan uji-t. Simpulan hasil penelitian adalah 1) Ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation didukung media audio visual terhadap kemampuan mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas V SDN Ngulankulon II Kabupaten Trenggalek. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 8,200≥ 2,093 pada taraf signifikan 5%. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas V SDN Ngulanwetan Kabupaten Trenggalek. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 7,411 ≥ 2,093 pada taraf signifikan 5%. 3) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Group Investigation didukung media audio visual dan model pembelajaran Group Investigation tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas V SDN Ngulankulon II dan Ngulanwetan Kabupaten Trenggalek. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 7,028 ≥ 2,024 dengan taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, Media Audio visual, Kemampuan Mengomentari Persoalan Faktual |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 795 Educational psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs HELLENTYA AGENG KINASIH |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 05:16 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 05:16 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4663 |
Actions (login required)
View Item |