PENGARUH MODEL STAD DENGAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS IV SDN PENGAMPON KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG

Suwitnyo, Hadi and IMRON, ILMAWATI FAHMI and Mukmin, Bagus Amirul (2022) PENGARUH MODEL STAD DENGAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS IV SDN PENGAMPON KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (full text)
RAMA_86206_17.1.01.10.0083 (pdf.io).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (covert sd bab 1 + references)
RAMA_86206_17.1.01.10.0083_0710128902_0710059001_01_front_ref-dikonversi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (371kB)
[img] Text (bab 2)
RAMA_86206_17.1.01.10.0083_0710128902_0710059001_02-dikonversi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
RAMA_86206_17.1.01.10.0083_0710128902_0710059001_03-dikonversi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
RAMA_86206_17.1.01.10.0083_0710128902_0710059001_04-dikonversi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
RAMA_86206_17.1.01.10.0083_0710128902_0710059001_05-dikonversi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (references)
RAMA_86206_17.1.01.10.0083_0710128902_0710059001_06_ref-dikonversi.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47kB)
[img] Text (lampiran)
RAMA_86206_17.1.01.10.0083_0710128902_0710059001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (similarity)
RAMA_86206_17.1.01.10.0083_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (770kB)

Abstract

ABSTRAK Hadi Suwitnyo: Pengaruh Model STAD Dengan Media Konkret Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan, bahwa siswa kelas IV SDN Pengampon Kabuh Jombang kurang mengerti tentang materi sifat-sifat cahaya. Hal tersebut disebabkan guru hanya menjelaskan materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional serta tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa hanya mendengarkan materi yang dijelaskan oleh guru. Hal ini mengakibatkan hasil ulangan harian siswa menunjukkan hanya 40% siswa yang mencapai nilai diatas KKM dan selebihnya gagal mencapai nilai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunakan model pembelajaran STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran STAD dengan media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran Konvensional tanpa media terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang? 3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran STAD dengan media konkret dibandingkan dengan model Konvensional tanpa media terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang? Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Model pembelajaran STAD dengan media konkret dapat mempengaruhi kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN Pengampon dengan diperoleh hasil th 40,775 > tt 1,796 dengan taraf signifikan 5%. 2) Model pembelajaran Konvensional tanpa media konkret dapat mempengaruhi kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN Pengampon dengan diperoleh hasil th 14,071 > tt 1,796 dengan taraf signifikan 5%. 3) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Devision dengan media konkret dibandingkan dengan model Konvensional tanpa media terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang dengan diperoleh hasil th 11,609 > tt 1,717 dengan taraf signifikan 5%. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Media konkret, Sifat-sifat Cahaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Media konkret, Sifat-sifat Cahaya.
Subjects: 710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr hadi suwitnyo
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:18
Last Modified: 30 Jun 2022 01:18
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4564

Actions (login required)

View Item View Item