PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET

Satriya, Novanda Ari Putra and FIRDAUS, MOKHAMMAD and KHOLIS, MOH NUR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_85201_16101090156_07130188804_0725048802.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 14 January 2023.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_85201_16101090156_07130188804_0725048802_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 14 January 2023.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (Cover s/d bab1+references)
RAMA_85201_16101090156_07130188804_0725048802_01_front_ref.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2023.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
RAMA_85201_16101090156_07130188804_0725048802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 14 January 2023.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_85201_16101090156_07130188804_0725048802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 14 January 2023.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_85201_16101090156_07130188804_0725048802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 14 January 2023.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_85201_16101090156_07130188804_0725048802_05.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2023.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_85201_16101090156_07130188804_0725048802_r06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only until 14 January 2023.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
RAMA_85201_16101090156_07130188804_0725048802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 14 January 2023.
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (551kB) | Request a copy

Abstract

Peran guru pendidikan jasmani sangat diperlukan dalam upaya menjadikan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani sebagai pembentukan keterampilan gerak siswa. Guru pendidikan jasmani dapat memilih dan menggunakan cara-cara pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat menciptakan suatu kondisi belajar yang kondusif, dapat memberikan kecukupan belajar gerak, dan dapat berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) karena merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana untuk digunakan oleh guru yang baru memulai menggunakan pendekatan kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar dribble bola basket, (2) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar dribble bola basket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 NGUNUT KAB. TULUNGAGUNG yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 270 siswa dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 56 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas VIII SMP NEGERI 1 NGUNUT KAB. TULUNGAGUNG sebagai kelompok eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas VIII SMP NEGERI 1 NGUNUT KAB. TULUNGAGUNG sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Dari hasil penelitian dan perhitungan statistik dapat diketahui kelompok eksperimen memiliki rata-rata pre-test 37,761 sedangkan hasil rata-rata post-test 35,895. Dengan standar deviasi pre-test 4,825 dan standar deviasi post-test 5,218 yang memiliki nilai varian pre-test 23,289 dan post-test 26,304. Dengan waktu terlambat pre-test 46,56 detik dan post-test 44,22 detik. Untuk waktu tercepat pre-test 29,96 detik dan post-test 26,70 detik. Sedangkan untuk kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata pre-test 38,559 dan nilai rata-rata post-test 37,938. Dengan standar deviasi pre-test 7,727 dan standar deviasi post-test 7,962 yang memiliki

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)
Subjects: 710 Education science > 760 Sports and health education education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Satriya Novanda Ari P
Date Deposited: 16 Feb 2022 05:25
Last Modified: 16 Feb 2022 05:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4563

Actions (login required)

View Item View Item