Prastian Yuniantoro, Irwan and NITYA SANTI, NOVI and DAMAYANTI, SUSI (2022) KESESUAIAN ANTARA GAYA BELAJAR SISWA DENGAN METODE MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN LAMA WAKTU SUATU KEJADIAN BERLANGSUNG PADA KELAS III SDN GAYAM 3 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_17101100042.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100042_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (226kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100042_0714118403_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (802kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100042_0714118403_0723117802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100042_0714118403_0723117802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100042_0714118403_0723117802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (975kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100042_0714118403_0723117802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_17101100042_0714118403_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100042_0714118403_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Irwan Prastian Y: Kesesuaian Antara Gaya Belajar Siswa dengan Metode Mengajar Guru dalam Pembelajaran Matematika Materi Menentukan Lama Waktu Suatu Kejadian Berlangsung Pada Kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri Kata kunci: Gaya Belajar, Metode Mengajar, Menentukan Lama Waktu Suatu Kejadian Berlangsung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam proses pembelajaran matematika adalah guru matematika yang kurang sesuai dalam memilih metode dengan gaya belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung pada kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri. 2) Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran matematika tentang materi menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung pada siswa kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri. 3) Untuk mengetahui adakah kesesuaian antara metode mengajar guru dengan gaya belajar siswa kelas III SDN Gayam 3 kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu 28 siswa dan 1 guru metematika Kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri, objek penelitian adalah metode mengajar guru dan gaya belajar siswa. Instrument menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian didapatkan bahwa 1) Gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung pada kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri, bahwa gaya belajar visual pada kategori cukup terdapat 21 (75%), gaya belajar auditori pada kategori kurang terdapat 4 (14%) dan gaya belajar kenestetik pada kategori kurang terdapat 3 (11%). 2) Kegiatan pembelajaran matematika tentang materi menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung pada siswa kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri, bahwa metode mengajar visual pada kategori cukup skor 26 (43%), sedangkan yang kedua adalah metode mengajar auditori, dan metode mengajar kinestetik pada kategori kurang skor 22 (36%). Dengan demikian bahwa metode mengajar adalah metode mengajar visual. 3) Kesesuaian antara metode mengajar guru dengan gaya belajar siswa kelas III SDN Gayam 3 kota Kediri, terdapat kesesuaian dengan metode mengajar guru metode mengajar visual dengan tpersentase 43% dengan gaya mengajar siswa mayoritas menggunakan gaya belajar visual dengan persentase 75%. Disimpulkan bahwa terdapat kesesuaian antara gaya belajar siswa dengan metode mengajar guru menggunakan gaya belajar visual dalam pembelajaran matematika materi menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung pada kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Metode Mengajar, Menentukan Lama Waktu Suatu Kejadian Berlangsung. |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 795 Educational psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Irwan Prastian Yuniantoro |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 01:30 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 01:30 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4554 |
Actions (login required)
View Item |