PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SIFAT- SIFAT SEGI BANYAK BERATURAN DAN SEGI BANYAK TIDAK BERATURAN UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Wilujeng, Reni and PRIMASATYA, NURITA and DAMAYANTI, SUSI (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SIFAT- SIFAT SEGI BANYAK BERATURAN DAN SEGI BANYAK TIDAK BERATURAN UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (COVER sd BAB 1+ REFERENCES)
RAMA_86206_17.1.01.10.0049_0722039001_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (229kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_17.1.01.10.0049.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_17.1.01.10.0049_0722039001_0723117802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_17.1.01.10.0049_0722039001_0723117802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_17.1.01.10.0049_0722039001_0723117802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_17.1.01.10.0049_0722039001_0723117802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (REFERENCES)
RAMA_86206_17.1.01.10.0049_0722039001_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_17.1.01.10.0049_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (958kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_17.1.01.10.0049_0722039001_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Reni Wilujeng: Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sifat-Sifat Segi Banyak Beraturan dan Segi Banyak Tidak Beraturan Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci : Multimedia Interaktif, Sifat-Sifat Segi Banyak Beraturan dan Segi Banyak Tidak Beraturan, Berpikir Kritis. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas IV SDN Nglawak 1. Hasil observasi memperoleh informasi bahwa nilai peserta didik pada materi matematika masih di bawah KKM 72. Hal ini disebabkan karena guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat pembantu menyampaikan materi dan menunjang pemahaman peseta didik terhadap materi tersebut, sehingga dapat menumbuhkan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. Tujuan penelitian pengembangan multimedia interaktif ini yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana mengembangkan multimedia interaktif, 2) untuk mengetahui kevalidan multimedia interaktif yang dikembangkan, 3) untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif dari hasil belajar peserta didik, dan 4) untuk mengetahui kepraktisan multimedia interaktif dari hasil angket guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau R & D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdapat lima tahapan yitu 1) Analysisi (analisis), 2) Design (desain), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (implementasi), 5) Evaluation (evaluasi). Pada teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu menggunakan tes (pre test dan post test) dan angket (guru dan siswa). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Nglawak 1. Pada penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu 1) multimedia interaktif dapat dikembangkan dengan beberapa tahapan, 2) berdasarkan dari hasil validasi ahli media dan materi memperoleh rata-rata persentase kevalidan sebesar 82% dalam kategori “sangat valid”, 3) hasil keefektifan dalam penggunaan multimedia interaktif dengan melalui uji coba terbatas dapat diketahui dari hasil pre test memperoleh persentase sebesar 53% dan post test memperoleh persentase sebesar 84% (ada peningkatan 31%). Maka dapat dinyatakn bahwa pengembengan multimedia interaktif efektif dalam pembelajaran. 4) Hasil kepraktisan dari angket guru dan angket siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 90% dalam kategori “sangat praktis” dalam pembelajaran. Berdasarkan dari tersebut maka dapat diketahui bahwa multimedia interaktif yang telah dikembangkan dinyatakan valid, efektif, dan praktis, sehingga media layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Sifat-Sifat Segi Banyak Beraturan dan Segi Banyak Tidak Beraturan, Berpikir Kritis.
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Reni Wilujeng
Date Deposited: 15 Jun 2022 06:47
Last Modified: 15 Jun 2022 06:47
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4549

Actions (login required)

View Item View Item