Wulandari, Kriska Apriliya Dwi and PRIMASATYA, NURITA and ZAMAN, WAHID IBNU (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS 5. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_17101100022.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100022_0722039001_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (629kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100022_0722039001_0713078602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (652kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100022_0722039001_0713078602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (905kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100022_0722039001_0713078602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100022_0722039001_0713078602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_17101100022_0722039001_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (142kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100022_0722039001_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100022_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
Abstract
Kriska Apriliya Dwi Wulandari: Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas 5. Kata kunci : media pembelajaran, multimedia interaktif, volume bangun ruang. Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran materi volume bangun ruang di SDN Juwono pada kelas 5 tidak menggunakan media pembelajaran, hanya menggunakan LKS sebagai sumber belajar. Hasilnya proses pembelajaran terlihat kurang menarik. Dalam hal ini terlihat beberapa siswa yang kurang memahami materi volume bangun ruang dan kurangnya motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui validitas media multimedia interaktif yang digunakan pada materi volume bangun ruang siswa kelas 5 SDN Juwono, (2) Mengetahui respon guru terhadap media multimedia interaktif yang digunakan pada materi volume bangun ruang siswa kelas 5 SDN Juwono, (3) Mengetahui efektivitas media multimedia interaktif yang digunakan pada materi volume bangun ruang siswa kelas 5 SDN Juwono. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Validasi dalam penelitian ini terdiri dari dua tahapan yaitu validasi media dan validasi materi. Uji coba produk menggunakan dua tahap yaitu uji coba terbatas dan uji coba luas. Pada uji coba terbatas mengunakan 6 siswa sedangkan untuk uji coba luas menggunakan 20 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Juwono. Hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif untuk materi volume bangun ruang kelas 5 Sekolah Dasar ini adalah (1) melakukan anlisis kebutuhan dan kinerja (2) merancang media pembelajaran multimedia interaktif (3) mengembangkan produk dan melakukan uji coba pada para ahli (4) uji coba terbatas dan uji coba luas (5) mengevaluasi setiap tahapan. Selanjutnya hasil analisis uji coba produk menunjukkan tingkat kevalidan mendapat skor 98% dari ahli media dan 96% dari ahli materi. Untuk kepraktisan mendapat skor 98% serta tingkat keefektifan produk mendapat skor 91%. Dengan demikian produk multimedia interaktif ini dinyatakan valid, praktis, efektif. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan media pembelajaran multimedia interaktif dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang inovatif pada materi Matematika di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, multimedia interaktif, volume bangun ruang. |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Kriska Apriliya Dwi Wulandari |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 02:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 02:10 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4451 |
Actions (login required)
View Item |