PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ENERGI ALTERNATIF SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022

Aksari, Aprilia and WIGUNA, FRANS ADITIA and BASORI, MUHAMAD (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ENERGI ALTERNATIF SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_17101100035.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Reference)
RAMA_86206_17101100035_0719048206_07201048003_01_front_ref..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100035_0719048206_07201048003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100035_0719048206_07201048003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100035_0719048206_07201048003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100035_0719048206_07201048003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_17101100035_0719048206_07201048003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (285kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100035_0719048206_07201048003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100035_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (793kB)

Abstract

APRILIA AKSARI: Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif Siswa Kelas IV Sdn Mojoroto 4 Kediri Tahun Ajaran 2021/2022, Skripsi, PGSD, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2021. Kata Kunci: model pembelajaran Learning Cycle 5E, kemampuan menjelaskan energi aternatif Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan di SDN Mojoroto 4 kota kediri, ternyata dalam kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan energi alternatif diperlakukan model pembelajaran yang tepat (learning cycle 5E). Berdasarkan latar belakang, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah Model Pembelajaran Learning Cycle 5E yang digunakan berpengaruh terhadap kemampuan siswa menjelaskan Energi Alternatifpada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri? (2) Apakah Model Pembelajaran Konvensional yang digunakan oleh guru berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan Energi Alternatif pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri? (3) Apakah ada perbedaan antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan model pembelajaran Konvesional terhadap kemampuan siswa menjelaskan Energi Alternatif pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, pendekatan kuantitatif dengan desain nonrandomized Control Group Pre-Test Post-Test. Pengumpulan data diperoleh melalui tes, dan dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dengan bantuan SPSS 20 for windows. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menjelaskan energi alternatif pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kediri dengan ketuntasan klaksikal 85,07%, hal ini terbukti dengan th5,540>tt1,713, (2) pengunaan model pembelajaran konvensional tidak berpengaruh signifikan terhadapa kemampuan menjelaskan energi alternatif siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri dengan ketuntasan klaksikal 54,9%, hal ini terbukti dengan th ,984<tt1,713. (3) ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan model pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan menjelasakan energi alternatif dengan keunggulan pada penggunaan model learning cycle 5E. Hal ini terbukti dengan th4,360>tt1,678 dan berdasarkan hasil pretest dan posttest, mean kelompok eksperimen 84,58> mean kelompok kontrol 72.71.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Learning Cycle 5E, kemampuan menjelaskan energi aternatif
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Aprilia Aksari
Date Deposited: 15 Mar 2022 16:11
Last Modified: 15 Mar 2022 16:11
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4448

Actions (login required)

View Item View Item