Tri Endah, Haruminarti and ENCIL, PUSPITONINGRUM and MARISTA, DWI RAHMAYANTIS (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMPN 2 TALUN MELALUI METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA VIDEO KEINDAHAN ALAM. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_88201_19101070018 n.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_88201_19101070018_Similarity.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (436kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 +Refrences)
RAMA_88201_19101070018_0719068703__0711038903_01_Front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (361kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_88201_19101070018_0719068703_0711038903_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_88201_19101070018_0719068703_0711038903_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_88201_19101070018_0719068703_0711038903_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_88201_19101070018_0719068703_0711038903_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (Refrences)
RAMA_88201_19101070018_0719068703_0711038903_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (82kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_88201_19101070018_0719068703_0711038903_07.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (418kB) | Request a copy |
Abstract
Tri Endah Haruminarti. NPM 19.1.01.07.0018 Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII E UPT SMPN 2 Talun Melalui Metode Sugesti Imajinasi Dengan Media Video Keindahan Alam, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UNP Kediri 2022. Kata kunci: puisi, imaginasi, sugesti. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E UPT SMP Negeri 2 Talun dengan menggunakan media video keindahan alam. Latar belakang diadakannya penelitian di SMP Negeri 2 Talun yaitu kurangnya keterampilan peserta didik dalam menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di UPT SMP Negeri 2 Talun. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi foto, dan penilaian keterampilan bercerita. Instrumen penelitian berupa catatan lapangan, lembar pengamatan, angket, dan lembar penilaian bercerita. Data yang diperolah dianalisis secara deskritif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses) dan reliabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dengan sugesti imaginasi media video keindahan alam dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E UPT SMP Negeri 2 Talun. Peningkatan keterampilan bercerita siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan, perhatian pada pelajaran, antusiasme selama pembelajaran, keberanian menulis puisi sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, aktif dan kreatif. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil menulis puisi siswa pada setiap siklus. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis puisi sebelum adanya tindakan berkategori kurang. Namun, setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam menulis puisi menjadi kategori baik. Peningkatan kualitas produk/hasil dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata menulis puisi siswa pada tahap pratindakan sampai pascatindakan Siklus II. Skor rata-rata siswa pada tahap pratindakan sebesar 16,53, pada Siklus I meningkat menjadi 19,95 dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 22,31. Skor rata-rata keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 2,36. Dengan demikian, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E UPT SMP Negeri 2 Talun telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan media video keindahan alam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | puisi, imaginasi, sugesti. |
Subjects: | 500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language) 500 Linguistics > 513 Literature (and language) of indonesia or other regions 500 Linguistics > 520 Linguistics 580 Humaniora social science > 618 History (history) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs. Tri Endah Haruminarti |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 04:56 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 04:56 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4371 |
Actions (login required)
View Item |