Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Manajemen Keuangan

SURINDRA, BAYU and LESTARI, SISKA NURAZIZAH and RIDWAN, RIDWAN (2020) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Manajemen Keuangan. In: Prosiding Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan: 2020. Fakultas Teknik Universitas Tidar, Surabaya.

[img] Text
1 Prosiding .pdf

Download (831kB)
[img] Text
Uji Plagiasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Manajemen Keuangan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review Penerapan Model.pdf

Download (545kB)
Official URL: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/senaster/ar...

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dapat dikatakan efektif jika terjadi kesinambungan antara berbagai komponennya, salah satunya yaitu penentuan model pembelajaran yang tepat dan sesuai. Dalam penentuan model pembelajaran yang tepat harus disesuaikan terutama dengan karakteristik materi pembelajaran dan mata kuliahnya. Dalam hal ini mata kuliah manajemen keuangan merupakan mata kuliah yang memfokuskan pada perhitungan dari contoh-contoh permasalahan yang ada dalam perusahaan baik melalui kasus nyata maupun soal-soal spekulasi. Dengan adanya penerapan model pembelajaran berbasis masalah diharapkan akan dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami serta menyelesaikan permasalahan manajemen keuangan perusahaan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas pembelajaran manajemen keuangan melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Selanjutnya metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus pembelajaran, selain itu juga digunakan uji komparasi dengan menggunakan SPSS untuk membandingkan hasil sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran manajemen keuangan. Objek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat III Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat efektifitas pembelajaran manajemen keuangan dengan adanya penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mahasiswa tingkat III. Selain itu dari perhitungan uji komparasi dengan menggunakan SPSS juga diketahui adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa dari sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada tiap siklusnya.

Item Type: Book Section
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 09 Nov 2021 05:13
Last Modified: 01 Dec 2021 04:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item