Sahal, Ahmad and ANAS, M (2019) Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. SEMINAR PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (SEMDIKJAR) 3, 3. ISSN 2598-6139
Text
C.13 Implementasi Model CIPP.pdf Download (454kB) |
|
Text
C.13 Peer Review - Implementasi Model CIPP.pdf Download (153kB) |
|
Text
C.13 SC - Implementasi Model CIPP.pdf Download (781kB) |
Abstract
Kurikulum digunakan untuk persiapan pembelajaran dalam keseluruhan rangkaian pembelajaran, yang artinya kurikulum digunakan sebagai penentu proses dan hasil pendidikan. Hal itu dapat berarti bahwa kurikulum adalah kunci utama dalam mencapai kesuksesan dunia pendidikan. Demi mencapai kesuksesan tersebut, maka perubahan kurikulum ini harus ditindaklanjuti oleh berbagai pihak. Wujud tindak lanjut dari perubahan kurikulum yang terjadi ialah evaluasi. Proses penyediaan informasi yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan keputusan merupakan pengertian dari evaluasi.Evaluasi dalam dunia pendidikan berfungsi sebagai mekanisme yang digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian suatu program dalam pelaksanaannya. Terdapat berbagai model yang digunakan dalam evaluasi, salah satunya ialah model CIPP. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan selama ini menunjukkan bahwa komponen yang digunakan sebagai dasar penilaian evaluasi CIPP tidaklah selalu sama. Dengan kata lain, meskipun program yang dievaluasi sejenis yaitu sama-sama mngevaluasi kurikulum tetapi komponen yang digunakan tidak sama secara menyeluruh di tiap aspeknya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 550 Economics > 561 Economic development |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | M. Anas |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 02:53 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:53 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4113 |
Actions (login required)
View Item |