Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Akuntansi Biaya Berbasis Lesson Study

ANAS, M (2021) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Akuntansi Biaya Berbasis Lesson Study. PANDAWA (Jurnal Pendidikan dan Dakwah), 3 (2). pp. 244-258. ISSN 2686-2816

[img] Text
13. Peningkatan Kualitas Pembelajaran.pdf

Download (383kB)
[img] Text
C.07 Peer Review - Peningkatan Kualitas Pembelajaran.pdf

Download (150kB)
[img] Text
C.07 SC - Cek Plagiasi PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN.pdf

Download (696kB)
Official URL: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/ar...

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan, salah satu diantaranya adalah lesson study. Lesson study merupakan suatu aktivitas bagi dosen untuk dapat mengembangkan pembelajaran dan keterampilan profesional sehingga dapat mewujudkan capaian pembelajaran yang telah dirumuskan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan efektivitas lesson study dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah akuntansi biaya di program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan data yang diperoleh observer melalui kegiatan pengamatan selama berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan lesson study dalam pembelajaran mata kuliah akuntansi biaya terdiri atas tiga tahapan, yaitu: tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (do), dan tahap refleksi(see). Hasil kegiatan lesson studi menunjukkan bahwa: 1) Ketiga prosedur tahapan yang dilalui dalam pembelajaran berbasis lesson study dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran akuntansi biaya; 2) Pembelajaran akuntansi biaya berbasis lesson study telah membentuk suatu kolaborasi antar dosen, antar mahasiswa, juga antara dosen dengan mahasiswa sehingga dapat menciptakan iklim pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif; 3) Kegiatan lesson study meningkatkan kualitas pembelajaran yang diindikasikan peningkatan performa mahasiswa baik pada aspek keterlibatannya secara aktif selama proses pembelajaran maupun kreativitas yang ditunjukkan ketika diberikan tugas untuk mendisain kartu harga pokok pesanan (produksi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Akuntansi Biaya, Lesson Study
Subjects: 550 Economics > 562 Accounting
710 Education science > 723 Economic education
710 Education science > 726 Accounting education
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: M. Anas
Date Deposited: 02 Oct 2021 02:48
Last Modified: 08 Oct 2021 03:09
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4090

Actions (login required)

View Item View Item