Fuadi, Ahmad Sahal and ANAS, M (2019) Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. Prosiding Seminar Pendidikan dan Pengjaran (SEMDIKJAR) 3, 1 (1). pp. 316-324. ISSN 2598-6139
Text
6. Penerapan Model Pembelajaran Koperatif.pdf Download (157kB) |
Abstract
Kurikulum digunakan untuk persiapan pembelajaran dalam keseluruhan rangkaian pembelajaran, yang artinya kurikulum digunakan sebagai penentu proses dan hasil pendidikan. Hal itu dapat berarti bahwa kurikulum adalah kunci utama dalam mencapai kesuksesan dunia pendidikan. Demi mencapai kesuksesan tersebut, maka perubahan kurikulum ini harus ditindaklanjuti oleh berbagai pihak. Wujud tindak lanjut dari perubahan kurikulum yang terjadi ialah evaluasi. Proses penyediaan informasi yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan keputusan merupakan pengertian dari evaluasi. Evaluasi dalam dunia pendidikan berfungsi sebagai mekanisme yang digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian suatu program dalam pelaksanaannya. Terdapat berbagai model yang digunakan dalam evaluasi, salah satunya ialah model CIPP. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan selama ini menunjukkan bahwa komponen yang digunakan sebagai dasar penilaian evaluasi CIPP tidaklah selalu sama. Dengan kata lain, meskipun program yang dievaluasi sejenis yaitu sama-sama mngevaluasi kurikulum tetapi komponen yang digunakan tidak sama secara menyeluruh di tiap aspeknya
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 550 Economics > 562 Accounting 710 Education science > 723 Economic education 710 Education science > 726 Accounting education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dr. M. Anas |
Date Deposited: | 02 Oct 2021 01:31 |
Last Modified: | 02 Oct 2021 01:31 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4080 |
Actions (login required)
View Item |