Anas, M (2014) Efektifitas Pembelajaran Mata Kuliah Pengauditan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Koperatif Berbasis Kasus. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang, 1 (1). pp. 337-349. ISSN 2407-4268
Archive (Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empiris dampak penerapan metode pembelajaran case-based learning, cooperative learning dan student-centered learning terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Pengauditan 1)
27.-M.-Anas.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (155kB) |
|
Text
Efektifitas Pembelajaran Mata Kuliah Pengauditan.pdf Download (460kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empiris dampak penerapan metode pembelajaran case-based learning, cooperative learning dan student-centered learning terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Pengauditan 1. Perbaikan pada metode dan proses pembelajaran mata kuliah Pengauditan 1 diharapan dapat bermanfaat untuk pengembangan metode pembelajaran yang dapat mendukung terbentuknya kualitas kepribadian dan keilmuan mahasiswa. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pengauditan 1 pada semester Gasal tahun akademik 2013/2014 di program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri sebayak 44 orang mahasiswa. Dengan model pengujian statistik regresi berganda pada α 5%, diperoleh bukti empirik bahwa case-based learning secara signifikan berpengaruh terhadap meningkatnya pemahaman mahasiswa pada materi kuliah Pengauditan 1. Namun demikian, penerapan cooperative learning dan student-centered learning belum cukup signifikan mempengaruhi peningkatan pemahaman mahasiswa pada materi Pengauditan 1. Penerapan case-based learning, cooperative learning dan student centered learning dipandang mampu mengaktualkan potensi sosial dan emosional mahasiswa serta dapat mengasah karakter keterampilan (skill) mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 550 Economics > 562 Accounting 710 Education science > 723 Economic education 710 Education science > 726 Accounting education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dr. M. Anas |
Date Deposited: | 02 Oct 2021 01:20 |
Last Modified: | 02 Oct 2021 01:20 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4074 |
Actions (login required)
View Item |