Efektifitas Pembelajaran Mata Kuliah Pengauditan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Koperatif Berbasis Kasus

Anas, M (2014) Efektifitas Pembelajaran Mata Kuliah Pengauditan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Koperatif Berbasis Kasus. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang, 1 (1). pp. 337-349. ISSN 2407-4268

[img] Archive (Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empiris dampak penerapan metode pembelajaran case-based learning, cooperative learning dan student-centered learning terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Pengauditan 1)
27.-M.-Anas.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (155kB)
[img] Text
Efektifitas Pembelajaran Mata Kuliah Pengauditan.pdf

Download (460kB)
Official URL: http://ekp.fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empiris dampak penerapan metode pembelajaran case-based learning, cooperative learning dan student-centered learning terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Pengauditan 1. Perbaikan pada metode dan proses pembelajaran mata kuliah Pengauditan 1 diharapan dapat bermanfaat untuk pengembangan metode pembelajaran yang dapat mendukung terbentuknya kualitas kepribadian dan keilmuan mahasiswa. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pengauditan 1 pada semester Gasal tahun akademik 2013/2014 di program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri sebayak 44 orang mahasiswa. Dengan model pengujian statistik regresi berganda pada α 5%, diperoleh bukti empirik bahwa case-based learning secara signifikan berpengaruh terhadap meningkatnya pemahaman mahasiswa pada materi kuliah Pengauditan 1. Namun demikian, penerapan cooperative learning dan student-centered learning belum cukup signifikan mempengaruhi peningkatan pemahaman mahasiswa pada materi Pengauditan 1. Penerapan case-based learning, cooperative learning dan student centered learning dipandang mampu mengaktualkan potensi sosial dan emosional mahasiswa serta dapat mengasah karakter keterampilan (skill) mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 562 Accounting
710 Education science > 723 Economic education
710 Education science > 726 Accounting education
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dr. M. Anas
Date Deposited: 02 Oct 2021 01:20
Last Modified: 02 Oct 2021 01:20
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item View Item