ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 1 KOTA KEDIRI DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERBASIS SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Lutfiani, Suzana Aulia and DARSONO, DARSONO and YOHANIE, DIAN DEVITA (2021) ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 1 KOTA KEDIRI DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERBASIS SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_17101050003.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_17101050003_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_17101050003_0710016401_0717127601_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (717kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_17101050003_0710016401_0717127601_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_17101050003_0710016401_0717127601_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_17101050003_0710016401_0717127601_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_17101050003_0710016401_0717127601_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_17101050003_0710016401_0717127601_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_17101050003_0710016401_0717127601_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal pokok yang akan terus mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya zaman diberbagai aspek dalam kehidupan manusia, khususnya dalam dunia pendidikan. Menghadapi hal demikian pemerintah Indonesia memberlakukan Kurikulum 2013 sebagai penyempurna kurikulum-kurikulum sebelumnya yang menekankan kepada siswa untuk dapat berpikir kritis dalam menyelesaikan setiap persoalan yang diberikan. Dengan adanya berpikir kritis, siswa dapat memecahkan serta melakukan pertimbangan dalam memutuskan tindakan yang harus dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) Berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah siswa kelas X MAN 1 Kota Kediri yang memiliki gaya belajar visual dalam memecahkan masalah berbasis soal cerita. (2) Berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah siswa kelas X MAN 1 Kota Kediri yang memiliki gaya belajar auditori dalam memecahkan masalah berbasis soal cerita. (3) Berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah siswa kelas X MAN 1 Kota Kediri yang memiliki gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah berbasis soal cerita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 3 orang siswa dari kelas X IPS 1 MAN 1 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika yang berupa soal cerita dan pedoman wawancara. Hasil analisis terhadap pekerjaan siswa dan wawancara dalam menyelesaikan soal tes berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika yaitu: (1) Analisis berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika kategori gaya belajar visual : subjek dengan kategori gaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika, secara keseluruhan telah memenuhi delapan indikator berpikir kritis yang disesuaikan dengan langkah pemecahan masalah matematika menurut Polya, (2) Analisis berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika kategori gaya belajar auditori : subjek dengan kategori gaya belajar auditori dalam memecahkan masalah matematika, secara keseluruhan telah memenuhi lima indikator berpikir kritis yang disesuaikan dengan langkah pemecahan masalah matematika menurut Polya, (3) Analisis berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika kategori gaya belajar kinestetik : subjek dengan kategori gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah matematika, secara keseluruhan telah memenuhi lima indikator berpikir kritis yang disesuaikan dengan langkah pemecahan masalah matematika menurut Polya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar
Subjects: 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Suzana Aulia Lutfiani
Date Deposited: 16 Aug 2021 08:18
Last Modified: 16 Aug 2021 08:18
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3843

Actions (login required)

View Item View Item