PENERAPAN KEGIATAN "PAPER QUILLING" UNTUK KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Wahyuningtyas, Dedek and NUGROHO, ISFAUZI HADI and LESTARININGRUM, ANIK (2020) PENERAPAN KEGIATAN "PAPER QUILLING" UNTUK KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text
RAMA_86207_16101110012.pdf.pdf

Download (756kB)
[img] Text
RAMA_86207_1601110012_SIMILARITY.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RAMA_86207_16101110012_0701038303_0708027803_06_ref.pdf.pdf

Download (355kB)
Official URL: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementap...

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh anak terkait motorik halus khususnya saat koordinasi otot-otot kecil untuk melakukan aktivitas sehari-hari adalah saat menggambar menggunakan alat tulis secara benar masih ada mengenggam pensil, menggunting juga belum terlalu terampil, mengekspresikan gerakan secara detail sementara anak seharusnya standart usia 5-6 tahun pencapaian tersebut sudah baik. Menyikapi permasalahan ini ditemukan kegiatan Paper Quilling yang dirancang oleh guru menggunakan bahan baku sederhana yang dimiliki di sekitar anak kemudian dilakukan dengan konsep bermain kreatif ternyata menimbulkan minat anak lebih baik berproses keterampilan meningkat. Tujuan penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana hasil perkembangan keterampilan motorik halus setelah menggunakan kegiatan Paper Quilling khususnya pada anak didik usia 5-6 tahun. Desain penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik penilaian menggunakan observasi/pengamatan dan dokumentasi dimana instrument observasi dikembangkan mengacu pada STPPA aspek motorik halus anak usia 5-6 tahun. Subyek penelitian anak Kelompok B TK Pertiwi 2 Sidoarjo Kabupaten Nganjuk sejumlah 13 anak. Hasil data setelah terkumpul dianalisis menggunakan triakulasi data kemudian di deskripsikan secara narasi dengan mengkaji supaya dapat dijabarkan keterampilan motorik halus yang telah tercapai. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan keterampilan anak pada aspek motorik halus dapat ditingkatkan dengan menggunakan kegiatan Paper Quilling. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan untuk kegiatan Paper Quilling dapat digunakan lembaga lain untuk selanjutnya di akomodasi penerapan disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak karena terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: paper quilling, keterampilan motoric halus, anak usia 5-6 tahun
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Dedek Wahyuningtyas
Date Deposited: 24 Aug 2020 08:21
Last Modified: 24 Aug 2020 08:21
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item