KRISPHIANTI, YUANITA DWI and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and Puspitarini, Ikke Yuliani Dhian and MUZAKI, M. FAUZAN (2019) PENGGUNAAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DENGAN PROSES GROUND, UNDERSTAND, REVISE, AND USE (GURU) TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019. pp. 223-228. ISSN 978-623-90767-0-2
Text
Peer Review_Penggunaan FGD dengan Proses GURU terhadap efikasi diri karier mahasiswa199.pdf Download (1MB) |
|
Text
C.2.a.4.2019 ARTIKEL_Penggunaan FGD dengan Proses GURU.pdf Download (857kB) |
|
Text
C.2.a.4.2019. Turnitin Prosiding UM_1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Efikasi diri karier merupakan keyakinan individu pada kemamp uan dirinya untuk melakukan usaha terkait dengan keinginan yang dicitakan hingga mendapatkan sebuah keberhasilan kariernya di masa depan. Efikasi diri karier hendaknya sudah dimiliki oleh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantar a PGRI Kediri (BK UNP) sebelum memasuki jenjang perkuliahan. Akan tetapi, pada kenyataannya ditemukan beberapa masalah terkait efikasi diri karier mahasiswa tersebut, yakni mahasiswa masih bingung untuk menentukan apa yang harus dilakukan setelah lulus dar i program S1 BK UNP Kediri, mahasiswa hanya ikut - ikutan ketika memilih program studi BK UNP, masuk BK UNP hanya karena bujukan dari orangtua, dan beranggapan bahwa program studi BK UNP adalah yang paling mudah jika dibandingkan dengan program studi yang la in. Alternatif untuk meningkatkan efikasi diri karier mahasiswa program studi BK UNP adalah dengan Focus G ro up D iscussion (FGD) dengan P roses Ground, Understand, Revise, and U se (GURU). FGD adalah proses diskusi yang dilakukan dengan wawancara semi struktu r guna mendapatkan data tentang suatu variabel. Proses GURU adalah proses diskusi untuk membicarakan suatu pengalaman yang pernah dialami oleh individu, hingga dari pengalaman tersebut didapatkan suatu pelajaran yang bermakna. Tujuan dari penellitian ini a dalah mendapatkan data tentang perbandingan antara penggunaan FGD dengan P roses GURU terhadap efikasi diri karier mahasiswa S1 program studi BK UNP Kediri. Metode penelitian yang akan digunakan adalah dengan menggunakan kuantitatif, dengan teknik penelitia n quasy eksperimen. Analisa data yang yang digunakan adalah jika data berdistribusi normal maka akan menggunaka uji independent sampel t - test, jika data tidak normal maka uji Mann Whitney. Hasil penelitian yang diharapkan adalah terdapatperbandingan antara penggunaan FGD dengan P roses GURU terhadap efikasi diri karier mahasiswa S1 BK UNP Kediri . Kata Kunci: efikasi diri karier, FGD, proses GURU .
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri karier, FGD, proses GURU |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 613 Humanities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Yuanita Dwi Krisphianti |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 08:19 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 09:40 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3742 |
Actions (login required)
View Item |