SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and KRISPHIANTI, YUANITA DWI and Puspitarini, Ikke Yuliani Dhian (2018) Meningkatkan Karakter Fairness Siswa SD Melalui Media Permainan Roda Pelangi. Proceeding Seminar Nasional "Membangun Manusia Indonesia yang Holistik dan Kebhinekaan". pp. 1-13. ISSN 978-602-5859-01-4
Text
Peer Review_Meningkatkan karakter fairness siswa SD melalui media permainan roda pelangi202.pdf Download (1MB) |
|
Text
C.2.a.4. 2018_ARTIKEL PROSIDING NASIONAL UPH.pdf Download (4MB) |
|
Text
C.2.a.4. Turnitin Artikel UPH.pdf Download (3MB) |
Abstract
F a i r n ess m e m i l i k i a r ti m e ng h a r g ai k eseta r a a n a n tar i n d i v i d u , b e r m a i n s e su ai p e r an atau t a at a k an a t u r an y a n g b e r la ku , ti d ak s u k a m e m a n f a a t k an k el e m a h a n or a n g la i n u n t u k k e un t un g an pr i b a d i, dan b e r s i k ap tra ns p a r an s e r ta a d il te r h a d ap sesama . Untuk menjadi pribadi yang sehat secara pribadi maupun sosialnya, konseli/siswa harus memiliki karakter ini. Pengembangan karakter hendaknya dilakukan sedini mungkin. Oleh karena itu, dipilihlah siswa SD sebagai subjek sasaran. Sebagai sarana untuk menge mbangkan karakter ini perlu dipilih sebuah media yang sesuai, serta untuk mengurangi kebosanan pada anak perlu dipilih sebuah media yang memenuhi unsur kebaruan (novelty). Menggunakan permainan sebagai media untuk mengintervensi siswa SD dinilai tepat kare na ditinjau dari usia mereka masih sangat gemar bermain. Maka, permainan Roda Pelangi dirasa sesuai untuk digunakan sebagai media dalam proses pengembangan karakter fairness tersebut. Roda Pelangi merupakan bagian dari media permainan yang tergolong baru s erta menarik sehingga dapat minat siswa agar dengan sukarela mengikuti kegiatan bimbingan untuk meningkatkan karakter fairness. Tujuan penelitian yang dapat dirumuskan adalah untuk mengetahui tingkat karakter fairness siswa SD sebelum dan sesudah melakukan permainan Roda Pelangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian yang dipilih adalah eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Namun, dalam penulisan artikel ini terbatas pada rasionalisasi mengenai penggunaan media permainan Roda Pelangi untuk meningkatkan karakter fairness siswa SD
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fairness, roda pelangi |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 613 Humanities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Yuanita Dwi Krisphianti |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 07:55 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 08:53 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3741 |
Actions (login required)
View Item |