SKALA KARAKTER RELIGIUS SEBAGAI ALAT UKUR KARAKTER RELIGIUS BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

AROFAH, LAELATUL and ANDRIANIE, SANTY and ARIYANTO, RESTU DWI (2021) SKALA KARAKTER RELIGIUS SEBAGAI ALAT UKUR KARAKTER RELIGIUS BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. SKALA KARAKTER RELIGIUS SEBAGAI ALAT UKUR KARAKTER RELIGIUS BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN, 6 (2). pp. 16-28. ISSN ISSN (Online) : 2442-9163 ISSN (Cetak) : 2621-2390

[img] Text
C.1.c.5.b.4 ARTIKEL RELIGIUS_SINTA 4.pdf

Download (600kB)
[img] Text
C.1.c.5.b.4 PEER REVIEW RELIGIUS_SINTA 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C.1.c.5.b.4 TURNITIN RELIGIUS_SINTA 4.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/articl...

Abstract

Bangsa yang besar bukan ditentukan oleh besarnya kekayaan alam dan majunya teknologi yang dimiliki oleh suatu bangsa, namun karena kuatnya karakter yang dimiliki oleh bangsa tersebut. Berpijak pada pernyataan ini, maka penguatan pendidikan karakter perlu diterapkan untuk mendukung penguatan karkter generasi penerus bangsa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di sekolah menengah kejuruan, didapat fakta bahwa masih banyak siswa yang memiliki karakter religius rendah. Hal ini perlu mendapatkan solusi mengingat pentingnya peranan karakter religius sebagai penyeimbang karakter-karakter lainnya. Tujuan akhir yang ingin diwujudkan dalam penelitian ini adalah mengembangkan inovasi aplikasi android untuk memperkuat karakter religius siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang dapat diterima secara teoritis dan praktis sehingga dapat digunakan secara luas dalam seting pendidikan sebagai salah media bimbingan yang bertujuan untuk mengatasi krisis karakter religius di kalangan siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model penelitian pengembangan Borg & Gall (1983). Saat ini proses penelitian berada pada tahap 3 yaitu pengembangan awal draft produk yang salah satunya yaitu mengembangkan instrumen skala karakter religius. Skala karakter religius terdiri atas 28 item pernyataan yang pengembangannya didasarkan pada dimensi religius Glock and Strak (1974) yaitu dimensi keyakinan, dimensi praktek agama, dimensi penghayatan, serta dimensi konsekuensi dan pengalaman. Pada artikel ini akan dibatasi pada hasil validitas dan reliabilitas item pernyataan pada skala karakter religius. Adapun hasil validitas yang didapat berupa 24 item pernyataan yang dinyatakan valid dan instrumen ini dinyatakan reliabel untuk digunakan, dibuktikan dengan nilai reliabilitas 0.971 atau dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil validitas dan reliabilitas tersebut, maka skala karakter religius dapat digunakan untuk mengukur karakter religius siswa sekolah kejuruan.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Santy Andrianie
Date Deposited: 14 Jul 2021 01:27
Last Modified: 14 Jul 2021 01:27
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3712

Actions (login required)

View Item View Item