PENGGUNAAN PROSES GURU (GROUND, UNDERSTAND, REVICE, USE) UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA CALON GURU BK

KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and Gumilang, Galang Surya and NAWANTARA, ROSALIA DEWI (2019) PENGGUNAAN PROSES GURU (GROUND, UNDERSTAND, REVICE, USE) UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA CALON GURU BK. Nusantara of Research, 6 (1). pp. 16-25. ISSN 2355-7249

[img] Text
C.1.c.5.b 2019 JURNAL NOR_GURU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
C.1.c.5.b 2019 PEER REVIEW JURNAL NOR_GURU.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TURNITIN ARTIKEL PROSES GURU NOR_2019.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/arti...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti dimana terdapat kurangnya efikasi diri karier mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling tahun ajaran 2018/2019 Prodi BK Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hal ini ditandai dengan adanya kebimbangan mereka akan studi lanjut ataukah bekerja, apakah mereka dapat menjadi konselor yang profesional, mampukah mereka nanti menyesuaikan diri dengan iklim sekolah, keinginan diri yang tidak sesuai dengan kehendak orang tua, serta tersedianya lapangan pekerjaan bagi mereka atau tidak nantinya. Rendahnya efikasi diri karier ini dapat ditingkatkan dengan menggunakan Proses GURU. Proses GURU merupakan suatu teknik yang luwes dan komplit serta dinilai mampu mengakomodasi dari banyaknya tahapan pembelajaran ekperiensial. GURU merupakan kepanjangan dari ground (G), understand (U), revise (R) dan use (U). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat efikasi diri karier mahasiswa Calon Guru BK sebelum dan sesudah diintervensi menggunakan Proses GURU. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik penelitian experiment dengan jenis one group pretest posttest design. Skala Pengukuran Efikasi Diri Karier adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data dari perhitungan uji t paired sample bahwa sigifikansi yang diperoleh dari perbedaan skor posttest dan pretest adalah 0,000 dimana skor signifikansi ini kurang dari 0,05. Maka H ditolak atau efikasi diri karier mahasiswa calon Guru BK meningkat setelah diberi perlakuan. Oleh karena itu, Guru BK/konselor dan para dosen BK dapat menggunakan Proses GURU untuk meningkatkan efikasi diri karier mahasiswa calon Guru BK. Selain itu Guru BK dan para dosen BK dapat menggunakan proses GURU ini sebagai teknik untuk pengembangan pribadi konselor.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rosalia Dewi Nawantara
Date Deposited: 26 Jun 2021 18:02
Last Modified: 26 Jun 2021 18:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3693

Actions (login required)

View Item View Item