PENGGUNAAN PANDUAN TEKNIK SELF INSTRUCTION SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI SISWA SMA

NAWANTARA, ROSALIA DEWI and AROFAH, LAELATUL and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR (2019) PENGGUNAAN PANDUAN TEKNIK SELF INSTRUCTION SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI SISWA SMA. Nusantara of Research, 6 (2). pp. 88-94. ISSN 2355-7249

[img] Text
C.1.c.5.b 2019 JURNAL NOR_SI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C.1.c.5.b 2019 PEER REVIEW JURNAL NOR_SI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TURNITIN ARTIKEL TEKNIK SI NOR_2019.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/arti...

Abstract

Self discipline atau disiplin diri adalah atribut diri yang perlu dimiliki oleh siswa. Fenomena nyata di sekolah menunjukkan masih terdapat siswa yang memiliki disiplin diri rendah. Disiplin diri rendah ditandai dengan perilaku melanggar peraturan sekolah sampai di sekolah terlambat, menggunakan atribut sekolah yang tidak lengkap, dan lain sebagainya. Fenomena tersebut hendaknya menjadi perhatian khusus karena disiplin diri apabila dibiarkan akan berpengaruh pada bidang akademik siswa. Teknik self instruction merupakan salah satu teknik konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin diri tersebut. Teknik ini memfokuskan pada kata diri positif yang dapat mengontrol perilaku. Teknik self instruction pada riset ini diterapkan melalui media panduan. Tujuan riset ini adalah untuk meningkatkan disiplin diri siswa Sekolah Menengah Atas melalui panduan teknik self instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Srengat. Purposive samplingmerupakan teknik mengambilan sampel yang dipakai dalam peneltian ini. Instrumen yang digunakan adalah skala disiplin diri. Hasil data dari instrumen tersebut dianalisis menggunakan paired sample test dengan ketentuannilai signifikansi 0,004<0,05. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan tingkat disiplin diri siswa sebelum dan sesudah diberikan intervensi.Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa panduan teknik self instruction efektif untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMA.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rosalia Dewi Nawantara
Date Deposited: 26 Jun 2021 17:55
Last Modified: 26 Jun 2021 17:55
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item View Item