PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SEKOLAH DASAR

ANDRIANIE, SANTY (2018) PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SEKOLAH DASAR. ILMU PENDIDIKAN: JURNAL KAJIAN TEORI DAN PRAKTIK KEPENDIDIKAN, 3 (2). pp. 196-202. ISSN 2549-7774 (Online), 2548-6683 (Print)

[img] Text
C.1.c.5.b.1 ARTIKEL EXPERIENTIAL LEARNING_JURNAL SINTA 3.pdf

Download (488kB)
[img] Text
C.1.c.5.b.1 PEER REVIEW EXPERIENTIAL LEARNING_JURNAL SINTA 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C.1.c.5.b.1 TURNITIN EXPERIENTIAL LEARNING_JURNAL SINTA 3.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/v...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya tindak kekerasan di lingkungan sekolah yang belum ditangani dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa paket bimbingan berbasis experiential learning untuk meningkatkan empati siswa sekolah dasar yang efektif secara teoretik dan praktik. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang diadaptasi. Data kuantitatif dianalisis dengan penghitungan kuantitatif dan masukan/saran dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini berupa buku guru dan buku siswa. Berdasarkan penilaian ahli dan penilaian calon pengguna dalam uji kelompok kecil, kedua produk ini dinilai memenuhi kriteria pengembangan berupa ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan. Tingkat keberterimaan kedua produk cukup baik, dilihat dari indeks penilaian ahli dan penilaian calon pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: guidance; empathy; experiential learning
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Santy Andrianie
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:04
Last Modified: 23 Jun 2021 07:04
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item View Item