NAWANTARA, ROSALIA DEWI (2021) PROFIL KETERAMPILAN MEMECAHKAN KONFLIK INTERPERSONAL SISWA BERBAKAT ISTIMEWA DI SMAN KOTA MALANG. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (2). pp. 44-49. ISSN 2442-9163
Text
C.1.C.4. 2021. JURNALPINUS.pdf Download (693kB) |
|
Text
PEER REVIEW JURNAL PINUS.pdf Download (1MB) |
|
Text
TURNITIN ARTIKELPINUS.pdf Download (1MB) |
Abstract
Siswa berbakat istimewa memiliki karakteristik yang sangat khas, yaitu memiliki kecerdasan, komitmen tugas, dan kreativitas yang tinggi. Beberapa poin tersebut lantas menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana keterampilan sosial mereka, khususnya mengenai keterampilan memecahkan konflik interpersonal. Seringkali kelebihan di bidang intelektual membuat anggapan bahwa social skill siswa berbakat istimewa kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan memecahkan konflik interpersonal siswa berbakat istimewa di SMAN Kota Malang. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian survey dan teknik total sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 162 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala keterampilan memecahkan konflik interpersonal yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan memecahkan konflik interpersonal siswa berbakat istimewa di SMAN di Kota Malang terbanyak ada di kategori tinggi yaitu sebesar 76%. Pada kategori sangat tinggi sebesar 22%, kategori cukup sebesar 2%, dan kategori rendah serta sangat rendah sebesar 0%. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru BK dalam merencanakan layanan BK pada siswa berbakat istimewa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Rosalia Dewi Nawantara |
Date Deposited: | 28 May 2021 06:16 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 13:30 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3620 |
Actions (login required)
View Item |